Logo timesindonesia

Wali Kota Probolinggo Siap Lanjutkan Kerjasama dengan Partner Swedia

Pertemuan antara walikota dengan partner dari Swedia. (FOTO: Humas pemkot for TIMES Indonesia)
Pertemuan antara walikota dengan partner dari Swedia. (FOTO: Humas pemkot for TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin menerima tamu asal Swedia. Kunjungan tersebut, merupakan tindak lanjut kerjasama antara Kota Probolinggo, Jawa Timur, dengan Kota Helsingborg terkait International Center for Local Democracy (ICLG), yang sudah berlangsung sejak 2013 silam.

Empat delegasi dari Swedia itu diterima wali kota di ruang transit, Sekretariat Pemkot Probolinggo. Para tamu itu antara lain Wakil Direktur NSR, Nils Benner Lundgren (tenaga pengajar lingkungan), Peter Lars Lennart Book (tenaga ahli demokrasi), Anna Karin Aguayo dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Helsingborg, Jan Oscar Groenvall.

Sebagai informasi, NSR merupakan perusahaan yang bergerak di bidang lingkungan atau persampahan, berkantor di Helsingborg. “Pada tahun 2020 nanti kerjasama akan berakhir. Kami harus memikirkan program lain yang bisa dikerjasamakan, ini yang perlu didiskusikan,” ujar Nils, Selasa (26/3/2019).

Poin utama dalam kerjasama ini adalah pelaksanaan demokrasi lokal. Serta peran serta masyarakat dalam pembangunan. Kerjasama lanjutan ini akan berlangsung selama tiga tahun, mulai pada 2017 dan berakhir di tahun 2020 mendatang.

Pertemuan pertama antara wali kota dan delegasi tersebut didampingi Kepala Bappeda Litbang Rey Suwigtyo, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Amin Fredy, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Budi Krisyanto dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumadi.

“Meski berganti kepemimpinan kerjasama yang sudah terjalin selama ini bisa tetap berlanjut. Karena kerjasama ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kami terbuka untuk menjalin kerjasama di bidang lain, tidak hanya kerjasama yang ada sekarang,” jelas Wali Kota Hadi Zainal Abidin.

Rencananya, tamu asal Swedia ini akan berada di Kota Probolinggo selama sepekan. Wali Kota meminta mereka bisa memberi masukan. Tentang, segala sesuatu untuk Kota Probolinggo yang lebih baik.