Polisi Diduga Turun ke Daerah Mendata Dukungan Capres

Apel anggota Kepolisian RI
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA – Kepolisian Resor dan Sektor di banyak daerah di Indonesia, disebut melakukan pemetaan dukungan masyarakat  terhadap setiap kandidat di Pilpres 2019.

Irjen Agung Setya Kerahkan 12.092 Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Sumut

Hal itu disampaikan oleh Direktur Kantor Hukum dan HAM Lokataru Haris Azhar, Selasa, 26 Maret 2019. Haris mengaku memiliki bukti pemetaan dukungan yang dilakukan polisi, berupa dokumen dalam format Microsoft Excel.

"Di beberapa tempat itu ada polisi melakukan pemetaan, misalnya di tingkatan desa, siapa (masyarakat) lawan siapa. Jadi mereka punya data konkret, jumlah orang yang mendukung (paslon) 01, 02 itu berapa," ujar Haris saat dihubungi melalui sambungan telepon oleh VIVA pada Selasa, 26 Maret 2019.

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri

Menurut Haris, berkas Excel yang ia miliki berupa 'template' atau format input data yang sama, yang bisa digunakan untuk melakukan banyak pendataan. Hal itu mengindikasikan bahwa pemetaan dukungan masyarakat terhadap masing-masing paslon terjadi di banyak daerah.

"Saya tidak bisa bilang kalau itu terjadi di seluruh Indonesia. Tapi itu terjadi di level polres, polsek. Mereka yang melakukan pendataan itu," ujar Haris.

Menko Polhukam Sebut 1.900 Mahasiswa Terindikasi Korban Perdagangan Orang di Jerman

Mantan Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) ini tidak mau mengungkap asal dari berkas yang ia miliki. "Sementara saya belum bisa ungkapkan, tapi data saya autentik, valid," ujar Haris.

Haris menegaskan, dalam waktu dekat, Kontras akan menjadi pihak yang memublikasikan data itu kepada publik. "Karena itu patut dipertanyakan, tujuannya apa polisi melakukan itu?" ujar Haris. (ase)

Satgas pangan polri

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng

Tim Satgas Pangan Polri menyarankan agar pasar murah digalakkan di Kalimantan Tengah untuk menjaga stabilisasi harga dan stok bahan pokok penting selama puasa dan lebaran

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024