Debat Lawan Prabowo, Jokowi Siap Ditanya soal HTI

Debat Kedua Capres
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Debat keempat calon presiden pada Sabtu malam ini, 30 Maret 2019, akan mengangkat salah satu tema terkait ideologi. Capres petahana Joko Widodo siap ditanya capres rival Prabowo Subianto terkait keputusan membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

Ia juga siap menjelaskan kalau soal HTI dipertanyakan. "Ya kita jawab nanti. (Data) Ya itu sudah harian yang kita kerjakan," kata Jokowi usai makan siang dengan keluarganya di Restoran Garuda, Sabang, Menteng, Jakarta, Sabtu 30 Maret 2019.

Seperti pada debat kedua lalu, Jokowi menggunakan waktu bersama keluarga. Selain istri, eks gubernur DKI ini juga berkumpul dengan anak, menantu, dan cucunya.

Apindo Usul di Kabinet Prabowo-Gibran Ada Kementerian Perumahan dan Perkotaan

Pada siang ini, Jokowi memilih santap siang di Restoran Garuda Sabang. Hadir mendampingi, Ibu Negara Iriana, Kahiyang Ayu, Bobby Nasution, dan cucunya Sedah Mirah.

"Ini kan enggak pernah ketemu, baru ketemu siang ini, ya pas waktunya longgar saya ajak makan siang," kata Jokowi.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Terkait pembubaran HTI, pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang Nomor 2 Tahun 2017.

Perppu itu kemudian disetujui DPR, sekaligus mengubah UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan. Menindaklanjuti peraturan itu, maka status badan hukum HTI dicabut.

Hal ini merujuk Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor AHU-30.AH.01.08 Tahun 2017 tentang pencabutan Keputusan Menteri Hukum dan HAM nomor AHU-0028.60.10.2014 tentang pengesahan pendirian badan hukum perkumpulan HTI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya