Lima Siswa di Lapas Anak Palembang Ikuti UNBK

Satu di antara lima siswa warga binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Palembang mengikuti UNBK di SMA Negeri 11 Palembang, Sumatera Selatan, pada Senin, 1 April 2019.
Sumber :
  • VIVA/Sadam Maulana

VIVA – Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK tingkat SMA yang dilaksanakan pada hari ini tidak hanya diikuti siswa pada umumnya. Lima orang siswa binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Palembang, Sumatera Selatan, juga mengikuti ujian itu.

100 SMP Terbaik di Indonesia, Dinilai dari Hasil (UNBK)

"Lima siswa binaan LPKA Kelas 1 melaksanakan UNBK di SMA Negeri 11 Palembang. Yang ikut ujian ini ada lima anak: satu masih di LPKA, sisanya sudah bebas," kata Staf Binaan LPKA Palembang, Rudi Iskandar, pada Senin, 1 April 2019.

Menurut Rudi, pendidikan adalah hak segala bangsa, penggalan dari UUD 1945, berlaku untuk semua orang, termasuk untuk anak-anak binaan atau yang masih menghuni lembaga pemasyarakatan khusus anak ikut UNBK di SMA Negeri 11 Palembang.

Sepenggal Kisah Awak KRI Nanggala Raih Nilai Sempurna Ujian Fisika SMA

"Mengantar anak-anak binaannya untuk mengikuti ujian nasional ke SMA Negeri 11 merupakan kegiatan tahunan. Anak-anak binaan LPKA yang ikut ujian ini sudah belajar dari guru-gurunya, ada latihan juga," kata Rudi.

Meski ada yang sudah bebas, anak itu masih dalam pembinaan di LPKA Palembang. Sementara satu anak masih ditahan dengan sisa masa hukuman enam bulan lagi. Mereka dihukum karena kasus penyalahgunaan narkoba dan tindak kriminal lain.

Kemenag Tiadakan UN Bagi Madrasah, Ini Syarat Kelulusan Siswa

Kepala SMA Negeri 11 Palembang, Joko Edi Purwanto, mengatakan bahwa sekolahnya setiap tahun melayani siswa yang datang dari LPKA Palembang. Dia tak berkeratan dengan itu karena setiap anak memang berhak atas pendidikan.

"Pendidikan itu untuk hak semua orang, walaupun bermasalah di hukum, untuk pendidikan mereka berhak. Saat ujian mereka bergabung dengan siswa kami," ujarnya.

Ilustrasi ujian.

7 Tips Menghadapi Ujian Nasional: Persiapan yang Efektif untuk Sukses

Ujian Nasional (UN) merupakan momen penting bagi setiap pelajar. Persiapan yang matang dan strategis adalah kunci keberhasilan dalam menghadapi ujian ini.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024