Viral Video Kiai Terima Amplop, GP Ansor Malang: Jangan Dipolitisir

Ilustrasi Pemilu.
Sumber :
  • International Business Times

VIVA – Dua pekan jelang pencoblosan Pilpres 2019, beredar video viral saat Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan yang silaturahmi ke tokoh ulama Madura, Kiai Zubair Muntasor. Salah satu yang mengunggah video tersebut adalah politikus Demokrat Andi Arief.

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Ketua GP Ansor Kabupaten Malang, Husnul Hakim Syadad meminta agar video ini jangan dipolitisir terlalu jauh. Ia tak menampik hebohnya video ini karena Luhut sempat melakukan salam tempel amplop ke Kiai Zubair.

Namun, Husnul menekankan sebagai santri, ia ingin berpendapat agar isu ini tak terlalu jauh menjadi opini negatif. Kata dia, sebenarnya cara Luhut sungkeman ke kiai tak ada masalah. Budaya ini sudah lama dalam pesantren dan bukan hanya jelang pilpres.

Terpopuler: Ustaz Syafiq Basalamah Lancar Isi Kajian di Surabaya, Lonjakan Suara PSI Tak Masuk Akal

"Saat silaturahmi, sowan ke kiai, santri kalau salam tempel sudah biasa. Kadang bukan hanya amplop tapi bawa hasil pertanian seperti pisang, padi, ayam dan lain-lain," kata Husnul dalam keterangannya, Selasa, 2 April 2019.

Dia meminta agar video ini tak dimanfaatkan dan terus dipolitisir. Ia menekankan agar marwah figur Kiai Zubair harus dijaga karena yang bersangkutan adalah salah seorang kiai sepuh di Madura. "Jangan dipolitisir, Kasihan Marwah kiai. Apalagi kiai Zubair Muntasor adalah kiai sepuh Madura," tutur Husnul.

Terpopuler: Pengajian Syafiq Basalamah Dibubarkan Ansor, Bos Yakuza Jual Bahan Senjata Nuklir

Kemudian, ia coba berpikir positif bila apa yang dilakukan Luhut mungkin ada kepentingan ingin membantu pesantren. Cara Luhut ini juga bisa mungkin untuk membantu perawatan Kiai Zubair. Selain itu. Luhut sebelum menjabat menteri era Jokowi juga sudah dikenal dekat dengan tokoh-tokoh kiai di Jawa Timur.

"Apa yang dilakukan Pak Luhut mungkin hanya sekedar sedikit membantu biaya perawatan beliau. Pak Luhut paham dengan tradisi santri Jawa Timur karena beliau juga dekat dengan kalangan NU dan kiai-kiai di Jawa Timur," ujarnya

Sebelumnya, video beredar di media sosial terkait salam amplop yang dilakukan Menko Kemaritiman Luhut ke Kiai Zubair. Video itu salah satunya diunggah Andi Arief lewat akun Twitternya, @AndiArief_. Dalam unggahannya, Andi memberikan caption "Ini cara Jokowi membeli suara".

Unggahan video tersebut menjadi viral. Ada momen dalam video itu saat meninggalkan kediaman Kiai Zubair, Luhut melakukan salam tempel amplop.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya