Logo timesindonesia

KPU Kota Blitar Targetkan 90 Persen Partisipasi Pemilih

Ketua KPU Kota Blitar, Setyo Budiono. (FOTO: Sholeh/TIMES Indonesia)
Ketua KPU Kota Blitar, Setyo Budiono. (FOTO: Sholeh/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Komisi Pemilihan Umum Kota Blitar menargetkan 90 persen partisipasi pemilih pada Pemilu 2019. Ketua KPU Kota Blitar, Setyo Budiono mengatakan bahwa pihaknya optimistis target tersebut tercapai mengingat partisipasi pemilih pada Pemilu 2014 mencapai 79 persen.

"Kota Blitar di tahun 2014 sudah tercapai. Sedangkan pada Pemilu tahun ini ditetapkan target 77.5 persen oleh KPU RI," jelasnya saat ditemui TIMES Indonesia di kantornya, Kamis (4/4/2019).

Untuk mencapai target tersebut, KPU Kota Blitar berusaha semaksimalnya agar masyarakat Kota Blitar berduyun-duyun datang ke TPS. Dikatakan Setyo, pihaknya sudah mengupayakan segala macam program sosialisasi, salah satunya dengan melaksanakan program KPU RI yakni membentuk Relawan Demokrasi di masing-masing KPU kabupaten/kota.

"Sudah ada semua (Relawan Demokrasi) terdiri dari 55 orang yang terbagi ke 10 segmen, ada segmen perempuan, agama, pinggiran, disbilitas, pemilih pemula dan lain sebagainya," tambahnya.

Tidak hanya itu, ia juga mengharapkan peserta pemilu aktif memberikan pendidikan demokrasi dengan memberi sosialiasi ke konstituennya.

"Tentunya kalau dua-duanya jalan tidak ada masyarakat yang tidak tahu kapan pemungutan suara dan target 90  persen partisipasi pemilih oleh KPU Kota Blitar dapat tercapai," ujar Setyo.(*)