Longsor Tutup Jalur ke Arah Dieng

Longsor di jalur ke arah Dieng, Jawa Tengah
Sumber :
  • VIVA / Dwi Royanto (Semarang)

VIVA – Guguran tanah longsor menimbun jalur Banjarnegara-Dieng Jawa Tengah, Sabtu, 6 April 2019. Akibatnya jalur wisata unggulan di wilayah Selatan Jateng tersebut putus total.

Misteri Hilangnya Dusun Legetang di Kawasan Dieng, Ratusan Jiwa Terkubur Hidup-hidup

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah, Sudaryanto mengungkapkan, tanah longsor terjadi pagi tadi sekitar pukul 06.30 WIB, tepatnya di tanjakan Sangkalputung tepatnya di wilayah Grogol, Kecamatan Pejawaran, Banjarnegara. Material longsor datang dari tebing setinggi 20 meter yang jatuh dan menimbun seluruh area ruas jalan. 

"Kita sudah perintahkan Kalak BPBD Banjarnegara untuk langsung mengambil tindakan. Longsor akibat intensitas hujan yang tinggi di kawasan itu, " kata Sudaryanto saat dikonfirmasi VIVA.

Korban Meninggal akibat Banjir dan Longsor di Bandung Barat Bertambah Jadi 4 Orang

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Saat ini, petugas BPBD bersama dengan unsur terkait yakni warga, Tagana, Koramil serta Polsek Batur sedang melakukan upaya pembersihan material longsor yang menimbun ruas jalan. 

"Untuk mempercepat proses pembersihan material, dinas Bina Marga telah mengirim alat berat ke sana, " katanya.

Akibat Banjir, Sampah TPA Cipayung Diduga Longsor ke Kali

Arus lalu lintas wilayah Batur, Grogol, Wanayasa juga ditutup total. Seluruh kendaraan roda dua dan roda empat dialihkan ke jalur alternatif wilayah Batur Sidareja, Pejawaran, Banjarnegara.

"Kami minta masyarakat yang melewati kawasan Banjarnegara-Dieng untuk bersabar. Kita berusaha semaksimal mungkin agar akses jalan kembali dibuka," ucap Sudaryanto.

Tim SAR gabungan saat mengevakuasi jasad korban banjir dan tanah longsor di Gintung, Cicendo, Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa, 26 Maret 2024.

BNPB Sebut Alih Fungsi Hutan Memperparah Dampak Longsor di Bandung Barat

BNPB mengungkapkan alih fungsi hutan memperparah dampak longsor di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, yang merusak ratusan unit rumah dan menewaskan empat orang.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024