Logo timesindonesia

Duh, Kartunis Jepang Ledek Kotak Suara KPU RI

Karikatur kotak suara KPU yang dibuat Onan Hiroshi (Ilustrasi: Onanhiroshi.com)
Karikatur kotak suara KPU yang dibuat Onan Hiroshi (Ilustrasi: Onanhiroshi.com)
Sumber :
  • timesindonesia

Kotak suara KPU RI yang akan digunakan pada Pemilu 2019 yang berbahan kardus tidak hanya jadi kontroversi di dalam negeri tetapi juga bahan guyonan di luar negeri. Kartunis Jepang meledek kotak suara Indonesia sebagai bagian dari keterampilan origami.

Kartunis Jepang Onan Hiroshi dalam blog pribadinya onanhiroshi.com membandingkan kotak suara dalam pemilu di Korea Selatan, Jepang dan Indonesia.

Pertama ia perlihatkan kotak suara pemilu di Korsel. Bahannya sangat kuat, teregistrasi, disegel dan membukanya saja harus pakai tang.

Gambar kedua memperlihatkan kotak suara dalam pemilu di Jepang yang kokoh dan kuat terbuat dari baja dan dilengkapi dua kunci gembok.

Nah, giliran gambar yang ketiga kotak suaranya dari kardus. Sambil ditunjukkan cara pembuatannya mirip seperti keterampilan dalam melipat kertas atau origami. Dipersiapkan juga gunting dan lem. Kotak suara itu dilengkapi jendela kecil dan satu kunci gembok.

Apa responsnya? Hiroshi, untuk meledek kotak suara Pemilu 2019 di Indonesia itu melengkapi karikaturnya dengan enam bocah yang tengah melihat kotak suara itu sambil tertawa. Itulah karya Kartunis Jepang. (*)