Novel Baswedan Bantah Terafiliasi Partai Politik

Penyidik senior KPK Novel Baswedan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan membantah tegas isu yang menyebut dirinya terafiliasi partai politik tertentu. Bantahan ini disampaikan Novel menjawab mencuatnya isu belakangan ini yang mengatakan dirinya terafiliasi dengan salah satu partai pada Pemilu 2019.
 
"Satu lagi yang ingin saya jawab dari pertanyaan yang disampaikan, saya kira saya harus bertanggung jawab untuk menjawab dan menjelaskan adanya tuduhan-tuduhan yang terkait dengan parpol. Saya kira tentu tuduhan itu tak benar," kata Novel di sela peringatan dua tahun teror terhadapnya di kantor KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis, 11 April 2019. 

Firli Bahuri Kirim Surat ke Jokowi Nyatakan Mundur Jadi Ketua KPK, Novel: Modus Lama!

Novel menjelaskan, di internal KPK terdapat mekanisme dan pola kerja yang saling mengontrol serta mengawasi satu dan lainnya. Selain itu, tidak ada satu pun pekerjaan di KPK yang hanya berada di bawah satu bidang kerja atau direktorat.

Untuk itu, Novel menegaskan, tuduhan dirinya atau personel KPK berpolitik sama saja dengan menghina integritas lembaga antikorupsi.

Novel Baswedan Minta Firli Bahuri Segera Ditahan setelah Praperadilan Ditolak

"Sehingga apabila dituduh bahwa ada orang saya atau siapa pun mengendalikan ataupun mengakomodir suatu penanganan untuk kepentingan politik maka itu sama saja menghina KPK tidak berintegritas. Saya kira tuduhan itu tidak benar dan pasti salah," ujarnya.
 
Novel menambahkan, tidak memiliki kepentingan politik apapun dalam mengabdi di KPK. Novel juga memastikan tidak akan membiarkan jika terdapat personel KPK yang terafiliasi dengan partai politik.

"Itu yang ingin saya tegaskan, saya tidak punya kepentingan untuk membawa ke area politik mana pun dan tentunya kita tidak boleh membiarkan ada orang yang terafiliasi partai politik ada di KPK," tuturnya.

Novel Baswedan Heran Alex Marwata Hadir Jadi Saksi Praperadilan Firli Bahuri
Novel Baswedan, Sarasehan Budaya Dua Tahun Novel

Omongan Lawas Novel Baswedan soal Karma Firli Bahuri: Tak Usah Dibalas, Nanti Jatuh Sendiri

Dewas KPK menjatuhkan sanksi pelanggaran kode etik berat terhadap Firli Bahuri, yakni diminta mengundurkan diri dari pimpinan KPK

img_title
VIVA.co.id
28 Desember 2023