Gunung Agung Erupsi, Abu Vulkanik Membubung Setinggi 2 Kilometer

Erupsi Gunung Agung.
Sumber :
  • VIVA/Bobby Andalan

VIVA – Gunung Agung kembali erupsi. Laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), gunung setinggi 3.142 mdpl itu erupsi pada pukul 18.47 Wita pada hari ini, Kamis 11 April 2019.

Erupsi Gunung Agung, BPBD Sebar 10 Ribu Masker

Kolom abu teramati ± 2.000 meter di atas puncak (± 5.142 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi kurang lebih 2 menit 8 detik.

"Terdengar suara gemuruh lemah di Pos Rendang. Erupsi terjadi secara transien tidak menerus," kata Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur PVMBG, Devy Kamil Syahbana.

Gunung Agung Erupsi Lagi Dini Hari Tadi

Saat ini, Gunung Agung berada pada status level III atau siaga. PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki, pengunjung, wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apa pun di zona perkiraan bahaya yaitu di seluruh areal di dalam radius 4 kilometer dari kawah puncak Gunung Agung.

Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual atau terbaru. 

Gunung Agung Kembali Erupsi, Jauhi Radius Empat Kilometer

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi. Terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di areal puncak. Areal landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

Gunung Agung erupsi

Gunung Agung Erupsi, Lontaran Batu hingga 3 Km

Terdengar suara gemuruh sedang-kuat.

img_title
VIVA.co.id
24 Mei 2019