Polisi Berencana Selidiki Pemilik Akun yang Viralkan Kasus Audrey

Justice for Audrey
Sumber :
  • Twitter

VIVA – KaroPenmas DivHumas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo menyebut ada rencana akan ditelusuri akun twitter yang pertama kali membuat narasi soal luka-luka di tubuh siswi SMP Audrey akibat pengeroyokan. Rencananya hal ini akan dilakukan bersama Komisi Perlindungan Anak Indonesia. 

Marah ke Anak, Lantas Apa yang Harus Dilakukan Orangtua?

"Baru rencana dari Komisi Perlindungan Anak Daerah Kalimantan Barat akan melaporkan pemilik akun twitter tersebut yang membuat suatu narasi-narasi yang bukan sebenarnya sehingga terbentuk opini masyarakat yang misopini," ujar dia di Kantor DivHumas Polri, Kamis 11 April 2019.

Dedi menjelaskan pihaknya tak pernah bosan menyampaikan bahwa tidak terlebih dahulu percaya informasi yang tersebar di media sosial. Dia minta masyarakat bisa melakukan kroscek terlebih dulu sebelum menelan informasi di medsos. 

Polisi Gerebek Panti Asuhan di Medan, Diduga Eksploitasi Anak di Tiktok

"Kalau sumbernya tidak memiliki kompetensi, membuat opini sendiri kemudian dia buat tulisan narasinya sistematis, dia kirim ke medsos, semua akan mudah percaya, padahal narasinya jauh dari fakta sebenarnya. Logika berpikir kita harus cermat dan dalam. Kalau semua medsos kita percaya ya semua masyarakat jadi miskom, misinterpretasi," katanya. 

Sejauh ini berdasarkan hasil visum, tidak ada luka memar dan luka-luka membahayakan seperti informasi yang viral di medsos. Polisi menyebut hasil visum tidak bisa dibohongi.

Viral, Guru Les Pukuli Wajah Siswinya Saat Belajar

"Visum yang diberikan ahli sesuai kompetensinya. Kalau keterangan bisa berubah-ubah, kalau visum itu bukti autentik yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah," kata dia lagi. 
 

Ilustrasi kekerasan pada anak

Tragedi Penganiayaan Anak Selebgram: Waspada! Ini 5 Cara Lindungi Anak dari Kekerasan

Berkaca pada kasus penganiayaan yang dialami putri Aghnia Punjabi. Apa yang perlu dilakukan oleh orang tua dalam melindungi anak mereka dari kekerasan?

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024