Prabowo Pertanyakan Manfaat dari Holding BUMN

Pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mengikuti debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu, 13 April 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, mempertanyakan kepada capres Joko Widodo terkait holding BUMN yang saat ini terus dilakukan pemerintah. Padahal, menurut dia, saat ini banyak BUMN yang morat-marit operasionalnya.

Menteri Rini Masih Godok Baik Buruk Bentuk Holding Penerbangan

Prabowo kemudian mencontohkan, morat-maritnya keuangan di BUMN penerbangan nasional Garuda Indonesia. Di mana berdasarkan laporan bloomberg agar BUMN itu untung jumlah kursi penumpang yang terisi harus 120 persen.

"BUMN kita adalah benteng terakhir ekonomi kita, jadi kenapa mau bikin holding, yang sekarang saja belum diurus," tegas Prabowo, di debat pilpres, Sabtu, 13 April 2019.

Bos AP II Yakin Holding BUMN Penerbangan Punya Banyak Manfaat

Tak hanya itu, Prabowo pun mempertanyakan sejumlah BUMN strategis Indonesia yang saat ini tidak lagi menjadi world champion. Bahkan, seperti Pertamina, kata Prabowo, kita tak lagi berkembang.

"Kenapa maskapai asing lebih diberikan dibandingkan Garuda. Kenapa aset ini dimiliki orang lain," ujarnya. (ase)

Survai Udara Penas Jadi Holding Penerbangan, Begini Prospeknya
Direksi PT Garuda Indonesia dalam konferensi pers tentang rencana pembentukan holding bidang transportasi udara oleh Kementerian BUMN di Garuda City Center, Tangerang, Banten, Rabu, 24 April 2019.

Garuda Indonesia Sebut Holding Bukan Melemahkan Anggotanya

Manajemen PT Garuda Indonesia mendukung rencana itu.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2019