TPS Prabowo Diperketat, TNI-Polri Tambah Personel

Aparat Gabubgan Polres Bogor-TNI Kodim 0621/SK bersama Linmas untuk Pemilu 2019
Sumber :

VIVA – Aparat gabungan Polres Bogor-TNI Kodim 0621/SK bersama linmas melaksanakan Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Pemilu Tahun 2019, di Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin, 15 April 2019.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Aparat gabungan menekankan potensi kericuhan, mengantisipasi serangan fajar yang dilakukan oleh tim calon presiden dan anggota legislatif. Petugas juga bakal memperketat TPS yang bakal digunakan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto di Kampung Curug RT 02 RW 09, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang.

"Selain mengantisipasi potensi kericuhan kami juga mengantisipasi potensi serangan fajar yang dilakukan oleh tim sukses pasangan calon presiden-wakil presiden maupun calon legislatif, hal ini kami lakukan untuk mendukung Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor," ujar Kapolres Bogor AKBP, Andy Muhammad Dicky Pastika.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Dicky menyampaikan pada pelaksanaan apel ini aparat menjunjung tinggi kebersamaan dan soliditas TNI-Polri dalam penyelenggaraan Pileg dan Pilpres 2019.

"Mulai hari ini kita menuju ke plotingan masing-masing dan menjaga TPS pada saat pencoblosan dan penghitungan suara. Silakan personel dapat melaksanakan koordinasi dan konsolidasi dengan pelaksana pemilu," ujar Dicky.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Dalam gelar pasukan ini, TNI-Polri mengerahkan 5.000 personel serta didampingi 30.000 linmas yang disebar di seluruh TPS. Tak main-main, kata Dicky, selain patroli ke pelosok desa, aparat gabungan menyebar intelijen untuk mengantisipasi terjadinya serangan fajar atau politik uang.

"Sejak beberapa hari lalu hingga beberapa hari ke depan, kami lakukan patroli siang malam dan operasi intelijen untuk mengantisipasi potensi serangan fajar tersebut. Kami ingin pemilihan umum ini berlangsung jujur dan adil," kata dia.

Di tempat yang sama, Komandan Kodim 0621 Letkol (inf) Harry Eko Sutrisno mengatakan, aparat memberikan pengamanan serta perhatian ekstra di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 41 yang berlokasi di Kampung Curug RT 02 RW 09, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang. Nantinya, TPS 41 ini digunakan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto.

"Kami tambahkan personel pengamanan di TPS 41 Desa Bojong Koneng, membantu pasukan pengamanan presiden. Karena calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto akan menggunakan hak suaranya di TPS tersebut," kata dia.

Informasi yang dihimpun, TPS 41 di Desa Bojong Koneng yang akan digunakan Prabowo mulai dibangun hari ini dan diperkirakan selesai Selasa sore 16 April 2019 untuk melayani formulir C5. 

Di lokasi ini juga para jurnalis yang hendak meliput mendaftarkan diri untuk mencoblos presiden-wakil presiden. Di lokasi yang berdekatan juga terdapat TPS 39 dan TPS 40. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya