Lailatul Ijtima, Kebiasaan Warga NU Jatim Jelang Hari Coblosan

Wakil Rais Syuriah NU Jatim, KH Agoes Ali Masyhuri (tengah), di kantor NU Jatim
Sumber :

VIVA –  Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur mengajak warga NU agar menggelar lailatul ijtima’ sehari sebelum pemungutan suara, Selasa malam, 16 April 2019. Diharapkan, dengan berkumpul-kumpul dalam kegiatan positif, persatuan, kedamaian, dan keamanan bangsa tetap terjaga meski masyarakat beda-beda pilihan politik.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Wakil Rais Syuriah PWNU Jatim KH Agoes Ali Masyhuri mengatakan, lailatul ijtima’ sebetulnya kebiasaan yang rutin dilakukan di lingkungan Nahdliyin. Khusus di detik-detik pelaksanaan Pemilu, dia menginstruksikan kegiatan positif itu agar digelar oleh seluruh Pengurus Cabang NU se-Jatim.

Selain di kantor-kantor NU, kata ulama akrab disapa Gus Ali itu, lailatul ijtima’ bisa pula dilakukan di masjid-masjid, musala, dan pondok pesantren. "Supaya pemilu ini berjalan dengan damai, tertib, dan aman," katanya di kantor NU Jatim Jalan Masjid Al Akbar Surabaya, Jawa Timur, pada Senin sore, 15 April 2019. 

Hilal Tak Terlihat, Gus Yahya-PBNU: Besok Belum Masuk Ramadhan

Menurut Gus Ali, tidak semua persoalan hidup bisa diselesaikan melalui hitungan matematika dan pendekatan akal. Ada kekuatan Allah di balik semesta alam, termasuk dalam hal politik. "Tidak sedikit orang semakin besar, arif, cerdas, punya wawasan yang luas, karena diantarkan perbedaan. Beda pilihan monggo (silakan), tapi jangan memutus tali persaudaraan," ujar Gus Ali. 

Kepada warga NU, Gus Ali menyerukan agar tidak golput. "Jangan golput. Karena nasbhul imamah, memilih pemimpin merupakan wajib syari. Kita ini, selain beragama, juga berbangsa dan bernegara," papar pengasuh Ponpes Bumi Sholawat itu.

4 Ketentuan Penting dalam Penentuan Hilal Awal Bulan Hijriah

Gus Ali menegaskan, dalam konteks Pemilihan Presiden, posisi NU berada di tengah, tidak memihak kepada pasangan calon tertentu. NU berposisi sebagai payung bangsa, sebagai perekat dan pengayom. Instruksi lainnya adalah, mengajak masyarakat untuk turut mensukseskan Pesta Demokrasi 2019. "Kalau pilihan saya, itu secara pribadi," ucapnya. (ase)

Ketua PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya

PBNU Beri Ucapan Selamat ke Prabowo-Gibran sebagai Pemenang Pilpres 2024

PBNU menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka setelah ditetapkan oleh KPU sebagai Pilpres 2024

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024