Banjir Bandang di Limapuluh Kota, Dua Rumah Rusak Berat

Banjir bandang di Nagari Situjuah Gadang, Kabupaten Limapuluhkota
Sumber :

VIVA – Dua rumah warga masing-masing di Jorong Padang kuniang Sikabu dan Jorong Batu Laweh Durian Teleng, Nagari Situjuah Gadang ,Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, dilaporkan mengalami kerusakan berat akibat dihantam banjir bandang yang terjadi sekira pukul 15.00 WIB, Selasa 16 April 2019.

Lumpuh 4 Jam Akibat Banjir Lahar Dingin, Jalan Padang-Bukittinggi Kembali Bisa Dilalui

Selain dua unit rumah Warga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota juga melaporkan, sejumlah area pertanian sawah milik warga juga terdampak banjir bandang yang dipicu tingginya intensitas hujan.

“Data sementara, Dua unit rumah warga rusak berat. Tertimbun material lumpur setinggi satu hingga Dua meter. Selain itu, sawah areal pertanian juga tertimbun lumpur,” kata Kepala Pelaksana BPBD Limapuluh Kota, Joni Amir melalui sambungan seluler, Selasa 16 April 2019.

Lebih dari 13.000 Orang Dievakuasi di Kazakhstan karena Banjir

Joni Amir menjelaskan, tingginya intensitas hujan di Limapuluh Kota sejak siang tadi, menyebabkan longsor di bagian puncak Gunung Sago. Terpantau ada tiga titik longsor. Material longsor ini menerjang Dua Jorong Padang kuniang Sikabu dan Jorong Batu Laweh Durian Teleng. Meski demikian, tidak ada korban jiwa yang timbul akibat peristiwa ini.

Menurut Joni Amir, selain melakukan pendataan, pihaknya juga melakukan evakuasi terhadap warga yang terjebak banjir bandang. Serta, membantu membersihkan sisa material yang menggenangi rumah warga. Tenda pengungsian juga sudah didirikan untuk warga yang terdampak.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

“Kita tadi sudah evakuasi warga, membantu membersihkan material lumpur serta mendirikan tenda darurat. Untuk sementara, kondisi masih aman. Namun demikian, kita himbau kepada seluruh warga, terutama yang tinggal di pinggiran sungai-sungai untuk tetap waspada mengingat kondisi cuaca masih hujan.” (mus)

Warga melihat kondisi pascabanjir lahar dingin atau 'Galodo' dari Gunung Marapi menerjang Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Agam, Sumatera Barat, Jumat (5/4/2024). Banjir lahar dingin ini menerjang kawasan pemukiman dan memutus ruas jalan Bukitti

Suara Bergemuruh! Warga Ungkap Detik-detik 'Galodo' Terjang Permukiman di Lereng Gunung Marapi

Banjir lahar dingin Gunung Marapi atau yang disebut 'Galodo' oleh warga setempat menerjang beberapa daerah di lereng Gunung Marapi, Sumatera Barat.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024