Polisi Tangkap Penembak Insiden Bentrok Mandat Saksi di Sampang

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Aparat Kepolisian menangkap pelaku penembakan dalam peristiwa bentrokan di dekat Tempat Pemungutan Suara atau TPS 7 Dusun Tapaan Tengah, Desa Tapaan, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, pada Rabu, 17 April 2019. Pelaku berinisial M itu dibawa ke Markas Kepolisian Daerah Jawa Timur. 

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

"Iya, pelaku yang menembak sudah ditangkap," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim, Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera, dikonfirmasi VIVA. 

Kombes Pol Frans Barung Mangera menjelaskan, peristiwa itu terjadi sekira pukul 09.45 WIB dan melibatkan kelompok Muara Cs dengan kelompok Widjan. Saat itu, kelompok Muara Cs bergerak melakukan pengambilan mandat saksi calon legislatif dari Partai Hanura, Farfar, di sejumlah TPS se Kecamatan Banyuates. 

TPN Ganjar-Mahfud Ngadu ke Megawati soal Dugaan Kecurangan Pemilu di Madura

Aksi itu mendapat protes dari pihak Farfar yang dipimpin Kepala Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, Widjan. Bentrok puh pecah di lokasi kejadian antara dua kelompok massa itu. Kedua kelompok berlawanan sama-sama membawa senjata tajam, bahkan ada yang membawa senjata api.  "Kelompok Muara membawa sajam dan senpi," ujar Barung dalam keterangan tertulisnya diterima VIVA. 

Saat bentrokan terjadi, suara tembakan menyalak. Hasil pemeriksaan awal, tembakan itu diduga berasal dari kelompok Muara. Karena kalah jumlah, kelompok Muara melarikan diri ke arah barat. Aparat Kepolisian dan TNI turun lalu melakukan penyekatan dan penghalauan. 

Respons Kapolri soal Surat Suara 1 Desa Tercoblos di Sampang Madura

"Pihak Kades Ketapang Daya, Widjan, bersedia meninggalkan lokasi kejadian untuk kembali ke Kecamatan Ketapang," tandas Barung. 

Satu orang atas nama Mansur dari kelompok Widjan menjadi korban dalam bentrokan itu. Dia terluka tembak di tangan bagian kiri. Enam selongsong peluru dan empat proyektil diamankan dari lokasi. "Telah dilaksanakan upaya penyelidikan keberadaan pelaku penembakan dan upaya penangkapan terhadap pelaku," kata Barung. 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024