Jokowi Menang Telak Di TPS Wali Kota Hendi

Walikota Semarang Hendrar Prihadi bersama istri Krisseptiana menunjukkan surat suara saat pencoblosan di tps 11 kelurahan Lempongsari, Gajahmungkur.
Sumber :

VIVA – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, menggunakan hak pilihnya di TPS  11 RT 1 RW 2, Kelurahan Lempongsari, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang dalam Pemilu 2019. Tak sendiri, Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut datang.bersama istrinya, Krisseptiana Hendrar Prihadi.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Kompak menggunakan pakaian putih, baik Hendi maupun Krisseptiana berangkat dari tempat pemungutan suara yang hanya berjarak sekitar 50 meter dari rumahnya, dengan berjalan kaki. Setibanya di tempat pemungutan suara, mereka lantas ikut berkumpul mengantri bersama tetangga - tetangganya.

Hendi pun mengapresiasi besarnya antusias masyarakat, khususnya di Kota Semarang yang semangat mengantri dari pagi untuk bisa menggunakan hak pilihnya. "Yah Alhamdulillah sudah lega yah, meskipun kali ini agak beda karena untuk pertama kalinya ada lima surat yang harus dicoblos, sehingga cukup banyak," ungkap Wali Kota Semarang tersebut.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

"Kalau pemilih belum manteb ya pasti agak lama untuk mencoblosnya memang. Tapi tadi hitungan teman-teman saya hanya perlu waktu satu menit lima belas detik. Ya mudah - mudahan berjalan dengan baik.” harapnya.

Setelah melakukan pencoblosan di TPS tempat tinggalnya, Hendi kemudian bergabung bersama dengan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita, Sekda Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono, serta sejumlah jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Semarang untuk melakukan pemantauan TPS.

Cerita Prabowo Subianto Bisa Bersatu Dengan Muzakir Manaf, Tokoh GAM yang Dulu Dia Cari

Dalam kunjungan ke sejumlah TPS, Hendi memberi acungan jempol kepada sejumlah Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yang berupaya menarik minat masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya, dengan membuat TPS semenarik mungkin. Hal itu seperti yang terlihat pada  TPS 6 dan TPS 7, Panggung Lor, Semarang Utara, Kota Semarang.

Di TPS 7 Panggung Lor para panita pemungutan suara kompak menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah, sedangkan TPS 6 Panggung Lor mengusung tema uang cukup menarik juga, yaitu dengan konsep olah raga xtreme Motocross.

Panitia TPS 6 Panggung Lor bahkan hingga menghadirkan sejumlajh motor trail di area TPS. Tak hanya itu, dekat dari TPS 6 tersebut juga ada sebuah sirkuit mini untuk sejumlah crosser melakukan freestyle, guna menghibur warga yang datang ke TPS. Praktis, konsep tematik seperti itu berhasil membuat masyarakat antusias untukdatang ke TPS tersebut.

Hendi pun optimis jika hadirnya TPS - TPS yang dikemas secara menarik seperti itu dapat meningkatkan partisipasi pemilih di Kota Semarang. "Inovasinya warga ini kita berikan apresiasi, bagaimana mereka mencoba menarik minat masyarakat dengan membuat TPS tematik.

Ada dua TPS yang bersebelahan, satunya dengan tema trabas (motocross), satunya lagi tema kebhinekaan," pujinya. "Denga begini maka warga pasti lebih semangat datang ke TPS, yang kemudian harapannya partisipasi pemilih ini dapat semakin meningkat.” tambah Wali Kota Semarang itu.

Di sisi lain dalam sejumlah kunjungannya, Hendi juga mendapatkan laporan terkait adanya surat suara yang tertukar di Kelurahan Kembang Arum, Kecamatan Semarang Barat. Secara detail, surat suara di tempat pemungutan suara tersebut dilaporkan tertukar dengan surat suara dari daerah pemilihan lain. Mengetahui hal tersebut, Hendi kemudian langsung mendatangi TPS tersebut dan memberi masukan agar pencoblosan dihentikan, untuk menunggu distribusi surat suara yang benar sampai di TPS.

“Kita terus pantau, KPU Insya Allah dapat menyelesaikan persoalan ini dengan cepat. Saya juga telah memberi masukan kepada rekan-rekan KPU, untuk yang sudah hadir dapat mendaftar dulu sebelum jam 1 siang. Supaya nantinya jam berapapun mereka masih bisa mencoblos sepanjang surat surat suara sudah siap.” tegas Hendi.

Sepulangnya dari sejumlah tinjauan TPS, Wali Kota Semarang tersebut kemudian kembali pulang untuk melihat penghitungan suara di tempat tinggalnya, yaitu TPS 11 RT 1 RW 2, Lempongsari, Hasilnya, dalam penghitungan suara di TPS tersebut, Jokowi berhasil unggul telak dibanding Prabowo.

Tercatat 205 pemilih mencoblos Jokowi - Ma'ruf Aminm dan hanya 49 orang yang mencoblos pasangan Prabowo - Sandi. Dengan jumlah tersebut berarti Jokowi menang telak di TPS Hendi sebesar 81%, dibanding Prabowo dengan 19%.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya