Akibat Kebakaran, Pedagang Pasar Lawang Akan Direlokasi

Kebakaran Pasar Lawang, Kabupaten Malang, Kamis, 18 April 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lucky Aditya (Malang)

VIVA – Pemerintah Kabupaten Malang mulai merencanakan relokasi pedagang Pasar Lawang setelah kebakaran yang melanda lokasi itu, Rabu, 17 April 2019 malam.

Ganjar Minta Kerugian Relokasi Pasar Johar yang Terbakar Dihitung

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pasar Lawang, Malang, Sigit Sugiarto mengatakan, para pedagang bakal direlokasi ke sisi utara Pasar Lawang. Dalam waktu dekat Pemkab Malang bakal bertemu dengan pedagang untuk membahas rencana relokasi ini.

"Kami sudah membicarakan dengan kecamatan dan pemerintah desa, disepakati relokasi di gedung utara pasar. Kami juga akan segera bertemu pedagang," ujar Sigit, Kamis, 18 April 2019.

Pasar Bawah Bukittinggi Kebakaran Lagi, Wali Kota Sebut Mencurigakan

Kebakaran terjadi di blok I dan blok F sejak Rabu malam. Kebakaran berawal di lantai satu yang kebanyakan pedagang pakaian. Api cepat merembet hingga meludeskan seluruh kios di lantai dua. Relokasi dilakukan agar aktivitas ekonomi pedagang Pasar Lawang dapat segera pulih.

"Setelah api benar-benar padam, UPT Pasar segera merelokasi pedagang agar aktivitas ekonomi bisa tumbuh kembali. Karena Pasar Lawang menyumbang pendapatan retribusi sebesar Rp60 juta per bulan," kata Sigit.

Pasar Sentral Wosi di Manokwari Kebakaran

Dalam kejadian itu, sebanyak ratusan kios di Pasar Lawang terbakar. "Sementara sekitar 509 kios dari 1.300 kios, kerugian ditaksir Rp10 miliar. Pendataan terus dilakukan, kami belum bisa masuk ke titik lokasi karena api masih membakar kios-kios," kata Sigit.

Ilustrasi pemadam kebakaran.

AKP Heri Jelaskan Kronologi Kebakaran Pasar Jibama Wamena

Puluhan kios di Pasar Jibama Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan, terbakar. Dalam kebakaran itu ada sebanyak 16 pintu kios hangus terbakar pada Minggu, 16 Juli

img_title
VIVA.co.id
16 Juli 2023