Ganjar Pranowo: Jateng Masih Jadi Kandang Banteng

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama sejumlah petinggi TNI dan Polri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dwi Royanto (Semarang)

VIVA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku cukup puas dengan perolehan suara pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, pada Pemilu 17 April 2019. 

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Ganjar yang juga politikus PDIP itu menyebutkan, kemenangan paslon nomor urut 01 itu antara 75-77 persen. 
"Sampai hari ini quick count kita (Jokowi-Ma'ruf) berada di angka 75-77 persen. Angka itu membuat semua terkejut," kata Ganjar di Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 18 April 2019. 

Meskipun masih dalam hitung cepat, namun Ganjar cukup yakin dan mengapresiasi kerja kolektif dari partai koalisi, relawan, dan tim sukses di 35 daerah. 

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Ia menyebutkan, kerja pemenangan berjalan luar biasa dan maksimal. "Puas tidak puas kita harus terima hasil ini. (hasil) ini membuktikan Jawa Tengah masih kandang Banteng," ujar Ganjar.

Ganjar juga menanggapi klaim kemenangan yang dilakukan kubu pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. Padahal tidak ada satu pun lembaga survei yang menyatakan pasangan Prabowo-Sandi unggul Pilpres 2019 versi hitung cepat. 

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Menurut Ganjar, saling klaim kemenangan adalah hal yang biasa saja. "Ndak papa, dalam situasi psikologi seperti saat ini, ngeklaim kemenangan itu sesuatu yang biasa. Namun yang harus diingat, klaim itu ada rasionalitas dan scientific keilmuan yang bisa diuji," kata Ganjar.

Meski begitu, Ganjar mengatakan, hasil quick count Pilpres tahun ini berbeda daripada tahun 2014 lalu. Pada 2014 lalu ada poster yang menunjukkan dua kubu menang, saat ini tidak ada.

"Hari ini nyaris tidak ada satupun poster yang diumumkan ke publik yang memiliki lembaga resmi tentang kemenangan sekian. Yang ada, hampir semua menyatakan hasil sama. Belum ada hasul quick count yang hasilnya berbalik 180 derajat dari lembaga lainnya. Tidak ada sampai sekarang," kata Ganjar.

Sebelumnya, calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mengumumkan kemenanganya pada Pilpres 2019. Prabowo mengatakan unggul dari pasangan nomor urut 01 dan melakukan sujud syukur atas perolehan tersebut. Prabowo mengumumkan kemenangannya kepada publik melalui konferensi pers.

"Mungkin statement itu muncul karena semangat yang luar biasa. Mungkin juga statement itu dikeluarkan untuk membuat pendukungnya ora gelo (tidak kecewa). Yang penting semua tidak terpancing, melakukan tindakan anarkis dan jangan terprovokasi.” (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya