Logo BBC

Prosesi Jumat Agung: Tradisi Cium 'Tuan Ma' di Larantuka Flores

Peziarah mengunjungi Kapela Tuan Ma di Larantuka untuk melakukan prosesi Buka Tuan Ma, atau mencium Tuan Ma, yang dianggap sebagai perwujudan Bunda Maria. - BBC
Peziarah mengunjungi Kapela Tuan Ma di Larantuka untuk melakukan prosesi Buka Tuan Ma, atau mencium Tuan Ma, yang dianggap sebagai perwujudan Bunda Maria. - BBC
Sumber :
  • bbc

Tradisi Muda Tuan Ma mengawali Kamis Putih sebelum prosesi Jumat Agung di Larantuka, Flores Timur, tempat digelarnya prosesi paskah Semana Santa yang sudah berjalan selama 500 tahun.

Selain menggeliatkan ekonomi dan pariwisata tradisi ini juga menjadi wujud toleransi antar umat beragama di Flores Timur dengan terlibatnya para pemuda masjid dalam mengamankan prosesi.

Dewi Sumarnitia tidak dapat menyembunyikan haru usai bertemu kembali dengan Tuan Ma, patung Bunda Maria yang selama setahun penuh ditaruh di Kapela Tuan Ma di Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. "Setiap tahun saya memang harus ke sini karena saya sudah merasakan menyatu sama Bunda Tuan Ma, dan dia kan baru setahun sekali keluar," ujar Dewi ketika ditemui di Kapela Tuan Ma, Kamis (18/07).

Memang, peziarah hanya dapat bertemu dengan Tuan Ma setahun sekali pada saat Kamis Putih pada perayaan Paskah menjelang Jumat Agung.Momen ini digunakan oleh para peziarah untuk menyampaikan permohonan, atau ujud , agar dikabulkan.


Dewi Sumarnitia sudah lima kali mengikuti Semana Santa di Larantuka, namun mengaku selalu merindukan sosok Tuan Ma - BBC

Salah satunya, Endang Dewiju yang baru pertama kali melakukan ziarah Semana Santa."Karena ini baru pertama kali, saya merasa merinding akan wujud nyata Bunda Maria itu ada dan tanpa terasa air mata saya mengalir karena saya menyampaikan doa-doa untuk kesehatan dan tugas-tugas suami," tutur Endang. Dibukanya pintu Kapela Tuan Ma oleh keturunan Raja Larantuka, Don Andreas Martinus DVG pada Kamis Putih (18/04), menandai dimulainya prosesi Muda Tuan Ma, yaitu Buka Pintu Kapela Tuan Ma.

Peti tempat menyimpan patung yang selama setahun tertutup rapat kini dibuka.