Pemilu RI Disorot Dunia, PB NU Ajak Jaga Ketenangan

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj di Surabaya, Jawa Timur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Siroj mengajak seluruh masyarakat, khususnya warga Nahdlatul Ulama (NU), tidak melakukan gerakan-gerakan yang mengganggu stabilitas keamanan dan ketenangan dalam menyikapi proses Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. 

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Dia meminta, semua pihak menunggu hasil penghitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum atau KPU.  "Saya mengimbau kepada seluruh saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air, wabil khusus warga Nahdlatul Ulama, tidak boleh melakukan gerakan-gerakan yang inkonstitusional sehingga mengganggu stabilitas keamanan," katanya usai silaturrahim di rumah pengusaha Alim Markus di Surabaya, Jawa Timur, Jumat 19 April 2019. 

Said Aqil mengapresiasi seluruh masyarakat Indonesia telah memanfaatkan hak pilihnya, serta turut mensukseskan proses demokrasi lima tahunan. Karena itu, akan lebih baik jika semua pihak menunggu hasil resmi penghitungan suara dari KPU. "Baik Pilpres maupun Pileg, dengan aman, damai, adil, jujur dan menghasilkan apa apa yang kita cita citakan," ujarnya.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Ketenangan dan stabilitas keamanan perlu dijaga karena proses demokrasi Indonesia kini tengah disorot dunia. "Dunia internasional akan memandang kita sebagai bangsa yang mayoritas beragama Islam dan berdemokrasi. Islam dan demokrasi ternyata tidak bertentangan, justru saling memperkuat. Islam bisa kuat dengan sistem demokrasi, sistem demokrasi bisa berjalan dengan nilai nilai Islam," ujarnya. 

Sebelumnya, seruan sama disampaikan Ketua Pengurus Wilayah NU Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar. "Percayakan kepada KPU, yang nanti akan mengumumkan hasil pemilu berdasar seluruh TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang ada," katanya di kantor NU Jatim Jalan Masjid Al Akbar Surabaya, kemarin. (ren)

Lembaga Survei yang Hasilnya Akurat dan Kredibel Bakal Jadi Rujukan di Pilpres 2024


 

PSMTI Diterima Presiden Jokowi di Istana

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Jelang pencoblosan Pemilu 2024, pada 14 Februari pekan depan, masyarakat diimbau agar menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Untuk bisa memilih pemimpin yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2024