Lagi, Anggota Polisi Meninggal Dunia Saat Amankan TPS

Polda Metro Jaya Gelar Simulasi Pengamanan TPS
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – Seorang anggota Kepolisian dari Polres Dairi, Sumatera Utara, bernama Aiptu Jonter Siringoringo meninggal dunia saat menjalani tugas mengamankan Tempat Pemungutan Suara atau TPS Tiga Baru, Kecamatan Pegagan Hilir, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Kasubbag Humas Polres Dairi, Ipda Donni Saleh mengatakan, Jonter bertugas di TPS tersebut sejak Rabu, 17 April 2019, hingga mengamankan pergeseran surat suara dari TPS ke PPS di Kantor Camat setempat, pada Kamis 18 April 2019.

"Beliau sempat mendapatkan perawatan sekitar 2 jam di RSUD Sidikalang," ucap Donni kepada wartawan, Sabtu 20 April 2019.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Pada Kamis siang, sekitar Pukul 14.00 WIB, pria berusia 51 tahun itu tiba di rumahnya. Kemudian, Jonter menghubungi istrinya dan mengeluh dadanya sakit dan sesak napas.

Ia lantas meminta izin pulang kepada Kapolsek Sumbul AKP Abdul Rahman Siregar. Sekitar pukul 14.00 WIB, Jonter Siringoringo tiba di rumah. 

Cerita Prabowo Subianto Bisa Bersatu Dengan Muzakir Manaf, Tokoh GAM yang Dulu Dia Cari

"Sekitar pukul 14.20 Wib Aiptu Jonter Siringoringo dibawa ke RSUD Sidikalang untuk diperiksa, namun sekitar pukul 16.50 WIB. Dia meninggal di UGD RSUD Sidikalang," jelas Donni.

Penanganan medis dilakukan secara maksimal terhadap Aiptu Jonter, untuk menolong anggota Polri yang tengah bertugas mengamankan pemilu tahun ini. "Dari hasil pemeriksaan pihak RSUD Sidikalang, beliau disebutkan mengalami serangan jantung," terang Donni. 

Jenazah Jonter kemudian dibawa ke rumah duka di Jalan Pemuda Sidikalang. Pejabat di jajaran Polres Dairi sudah datang melayat, termasuk Kapolres Dairi, AKBP Erwin Wijaya Siahaan.

Sebelumnya, dua polisi, yaitu Aiptu M Supri dari Polresta Sidoarjo dan Brigadir Prima Leion Nurman dari Polres Bondowoso meninggal dunia saat melaksanakan tugas pengamanan pemilu.

Brigadir Prima meninggal dunia setelah kecelakaan di jalan raya depan Markas Komando Rayon Militer Wonosari, Bondowoso, pada Senin, 15 April 2019, sekira pukul 16.00 WIB. Waktu itu, setelah apel pergeseran pasukan, almarhum hendak menuju lokasi pengamanan pemilu tempat dia ditugaskan.

Aiptu Supri meninggal di Rumah Sakit Bhayangkara Pusdik Gasum setelah jatuh pingsan saat melaksanakan pengamanan di Tempat Pemungutan Suara 21 di Desa Bareng Krajan, Krian, Kabupaten Sidoarjo, Rabu kemarin. Dua anggota Polri yang gugur dalam tugas itu telah dimakamkan. (mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya