Logo timesindonesia

Soal Pemilu Serentak 2019, Ini Lima Catatan Mendagri RI

Mendagri RI Tjahjo Kumolo. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Mendagri RI Tjahjo Kumolo. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Mendagri RI Tjahjo Kumolo memberikan lima catatan terkait penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019, yang digelar 17 April 2019 kemarin.

Pertama, tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak politik di TPS yang cukup tinggi, di atas 80 persen. Angka itu, di atas target KPU RI, sebesar 77,5 persen. 

"Kedua, tingkat partisipasi yang tinggi dari masyarakat tidak terlepas dari peran Polri dan TNI didukung Satpol PP dan Linmas menjaga keamanan, ketertiban masyarakat dan lingkungan masyarakat yang aman khususnya di TPS menjaga masyarakat dalam suasana terlindungi untuk hadir di TPS," ujar Tjahjo, Jakarta, Sabtu (20/4/2019).

Namun demikian, Tjahjo juga memberikan catatan ketiga, yakni masyarakat diminta tetap yakin, bahwa TNI dan Polri akan mengamankan ketertiban dan keamanan masyarakat serta lingkungannya, khususnya terhadap tindakan-tindakan inkonstitusional yang dapat mengganggu jalannya proses Pemilu Serentak 2019.

"Keempat, Kemendagri melalui Kesbangpol tingkat provinsi dan kabupaten/kota akan tetap membantu kerja KPPS, PPK sampai KPUD di daerah secara konstitusional sesuai aturan dan mekanisme yang ada," ujarnya.

Kelima, Tjahjo mengapresiasi KPU RI dan Bawaslu RI, selaku penyelenggara-pengawas Pemilu 2019 yang dengan cepat dan responsif dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang muncul selama penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 berlangsung, khususnya di tingkat TPS.

Di samping itu semua, Mendagri Tjahjo pun mengapresiasi seluruh pihak yang telah mengawal penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 hingga berjalan lancar, aman dan damai.