Kuota Haji Ditambah, Kemenag Akan Rekrut 125 Petugas Kloter

Direktur Bina Haji Kemenag RI Khoirizi H. Dasir di Asrama Haji Pondok Gede
Sumber :
  • Kemenag

VIVA – Kementerian Agama siap menambah petugas sebagai konsekuensi dari rencana penambahan kuota jemaah haji di musim haji 2019M/1440H. 

Perjanjian Kerja Sama, Saudia Airlines Siap Angkut Ribuan Jemaah Haji Indonesia

Seperti diketahui, pemerintah Arab Saudi memberikan tambahan kuota jemaah haji bagi Indonesia sebanyak 10 ribu. Tambahan kuota ini diberikan Raja Salman kepada Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Arab Saudi.

"Petugas yang akan kita tambah itu petugas penyerta kloter, yang berjumlah lima orang masing-masing kloter. Terdiri dari dua orang TKHI, satu TPHI, satu TPIHI, dan satu TPHD," kata Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah, Kemenag, Khoirizi H. Dasir di Asrama Haji, Minggu, 21 April 2019.

Al-Qur'an for All: Hadirkan Iqro'na untuk Penyandang Disabilitas

Khoirizi menjelaskan dengan penambahan kuota 10 ribu jemaah, maka dibutuhkan minimal 25 kloter tambahan. Artinya, diperlukan minimal 125 petugas tambahan untuk menyertai kloter. 

Namun, mengingat tenggat waktu yang terbatas, maka rekrutmen petugas tidak akan dilakukan dengan cara seleksi. 

Gus Miftah Dinilai Gagal Paham Soal Aturan Penggunaan Pengeras Suara di Masjid maupun Mushola

"Strateginya, kami akan minta Kakanwil dan Kabid PHU untuk mengidentifikasi petugas tahun lalu yang memiliki kinerja baik, untuk dapat disertakan kembali menjadi petugas," ujar Khoirizi.

Sementara itu, Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher menyatakan bahwa penambahan jumlah petugas mutlak dilakukan seiring dengan penambahan jumlah kuota jemaah haji.

Ali Taher meyakini dari sisi petugas, pemerintah memiliki kesiapan yang cukup untuk dapat menerapkan penambahan kuota di tahun ini. 

"Saya kira petugas haji dengan sendirinya mereka kan sudah punya SOP. Nah, SOP itu lah yang kemudian akan kita ikuti. Kalau dari segi kesehatan petugas haji sangat siap. Kementerian Agama juga petugasnya sangat siap," ujar politikus PAN ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya