UNBK Siswa SMP Serentak, Mendikbud: Secara Umum Bagus

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meninjau UNBK SMP di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rifki Arsilan

VIVA – Seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK, Senin, 22 April 2019.

7 Tips Menghadapi Ujian Nasional: Persiapan yang Efektif untuk Sukses

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy meninjau langsung pelaksanaan UNBK di tiga sekolah SMP Negeri di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tiga sekolah tersebut, yaitu SMP Negeri 19, SMP Negeri 29, dan SMP Negeri 11, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Muhadjir merasa puas dengan pelaksanaan UNBK yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia. Menurut Muhadjir, pelaksanaan UNBK untuk tingkat SMP dan MTs hari ini sudah berjalan sesuai dengan standar nasional.

Daya Tampung SD di Kota Tangerang TA 2024 Ada 22.956 Kursi, Jangan Lupa Daftar Pra PPDB

"Secara umum bagus. Sesuai dengan standar yang ditetapkan. Mulai dari soal diproses, sampai pada soal ke tangan siswa ketika berada di dalam kelas. Kemudian sistem kepengawasannya juga sudah memenuhi standar karena ditukar antarsekolah," kata Muhadjir di SMP Negeri 11, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, 22 April 2019.

Untuk diketahui, sekitar 400 siswa kelas IX SMP Negeri 29 Jakarta Selatan harus menumpang di sekolah SMP Negeri 19 yang bangunan sekolahnya sedang direnovasi. 

Sekolah Dilarang Lakukan Pungutan PPDB

Pantauan VIVA, pelaksanaan UNBK yang dilakukan oleh dua siswa yang berbeda di SMP Negeri 19 itu berjalan dengan lancar dan penuh hikmat.

Pemandangan serupa juga terjadi di SMP Negeri 11 Jakarta Selatan. Sekolah yang berada tepat di depan SMP Negeri 19 itu juga terlihat hening dari luar bangunan. 

Ketika ditinjau ke dalam kelas, ratusan siswa kelas XII di sekolah itu juga sedang khusyuk di depan layar komputer mengerjakan soal-soal ujian.

"Saya senang, karena dua sekolah SMP yang saya kunjungi hanya satu shift. Artinya berarti fasilitas dan sarana untuk UNBK sudah terpenuhi sehingga tidak perlu ada pergantian atau bergiliran beberapa kali. Ini salah satu contoh yang baik saya kira," ujarnya.

Ia berharap, seluruh sekolah tingkat pertama atau SMP di seluruh Indonesia tahun depan sudah memiliki fasilitas dan sarana komputer, untuk pelaksanaan UNBK yang memadai.

Untuk diketahui, pelaksanaan UNBK untuk siswa/siswi kelas IX SMP, MTs, SMPTK, dan SMPLB dilakukan secara serentak seluruh Indonesia mulai hari selama empat hari ke depan atau mulai tanggal 22 - 25 April 2019. Mata pelajaran yang diujikan terdiri dari empat mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahas Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Untuk menyesuaikan fasilitas komputer, rata-rata setiap ujian terdiri dari 3 sesi yang dimulai dari pukul 07.30 dan selesai pada pukul 16.00. Setiap mata pelajaran terdiri dari 40 sampai 50 soal. Dan waktu pengerjaan soal ujian sebanyak 120 menit atau 2 jam per mata pelajaran. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya