Kumpulkan Pimpinan Ormas Islam di Rumah Dinasnya, Apa Kata JK

Wakil Presiden Jusuf Kalla.
Sumber :
  • VIVA/Reza Fajri

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) melakukan pertemuan dengan pimpinan sejumlah organisasi massa atau ormas Islam dan tokoh-tokoh Islam di rumah dinasnya, Jalan Diponegoro, Menteng, Senin malam 22 April 2019. Para tokoh tersebut di antaranya Ketua PBNU, Said Aqil Siradj, Imam Besar Istiqlal Nasaruddin Umar, tokoh Muhammadiyah, Din Syamsuddin, Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia, Jimly Asshiddiqie, dan sejumlah ulama lainnya

Din Syamsuddin: Calon Pemimpin Terlalu Muda Minim Pengalaman, Terlalu Tua Suka Pikun

JK mengatakan, ada beberapa poin yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Salah satunya adalah bagaimana mengatasi permasalahan yang terjadi pada pemilu 2019 secara damai.

"Pemilu ini harus diselesaikan dengan baik, dengan jujur dan juga agar masyarakat tenang. Semua masalah harus kembali ke hukum. Jadi apa pun masalahnya tentu dapat diselesaikan oleh Bawaslu ataupun MK. Jangan ada yang berbuat sendiri sendiri," kata JK usai pertemuan tersebut.

Dialog Bersama Ormas Islam, Kemenag Dorong Penguatan Kebangsaan

Hal selanjutnya yang dibahas yakni baik JK dan juga para pimpinan ormas Islam sepakat menjalankan organisasi dengan pikiran jangka panjang bagaimana Islam di Indonesia tetap moderat dan penuh toleransi, dan juga melaksanakan amal ibadah yang baik. Terutama tak lama lagi, umat Islam akan memasuki bulan Ramadhan.

Bersama para tokoh agama dan pimpinan ormas Islam, JK berharap agar tidak ada perselisihan yang terjadi hanya karena Pemilu semata. 

Patung Bunda Maria Ditutup Terpal, Pengelola Rumah Doa Ingin Urus Perizinan

"Kita semua berusaha sebaik-baiknya. Dan itu inti dari pembicaraan kita. Semoga masyarakat tertib dan menunggu dengan sabar tanggal 22 (Mei) tanpa berbuat kekerasan atau pun perselisihan," ujarnya.

JK juga menyarankan agar kedua kandidat capres yang bertarung di Pilpres 2019 dapat saling bertemu. Hal itu untuk mencairkan suasana agar para pendukungnya juga dapat mencontoh paslon yang didukungnya.

"Tentu diharapkan tadi makin cepat, makin baik apabila Pak Jokowi dapat bertemu dengan Pak Prabowo. Itu kita semua mendukung apabila ada rekonsiliasi seperti itu. Sehingga rekonsiliasi dan juga nanti ada pertemuan berikutnya dengan pihak-pihak yang lain," kata JK.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya