Pencarian Korban Tabrakan KMP Virgo Dilanjutkan Hari Ini

Ilustrasi Dermaga II Pelabuhan Merak, Banten.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

VIVA – Basarnas Banten akan melanjutkan pencarian korban tabrakan dua Kapal Motor Penumpang (KMP) Virgo 18 dan Windu Karsa Dwitya (WKD) pada hari ini, Selasa 23 April 2019.

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

"Pencarian akan dilanjutkan besok dengan menerjunkan dua kapal, bekerjasama dengan potensi SAR lainnya, seperti dari Lanal (TNI AL) dan Polair," kata Zaenal Arifin, Kepala SAR Banten, Senin 22 April 2019.

Tabrakan KMP WKD dengan Virgo 18 menyebabkan satu anak buah kapal terjatuh ke laut dan tenggelam yang masih dalam pencarian. Saat kejadian, korban yang bernama Endang Rokh Basuki, berada di anjungan KMP WKD. Posisinya membelakangi KMP Virgo 18.

Bus dan Truk Padati Pelabuhan Bakauheni, Melonjak dibandingkan Sehari Sebelumnya

"Berdasarkan saksi, korban ada di depan, di anjungan. Saat terjadi tubrukan, korban membelakangi KMP Virgo 18, sehingga tidak siap dengan benturan itu. Korban terjatuh dan akhirnya tenggelam," katanya.

Kerusakan parah dialami kedua kapal penumpang yang melayani penyeberangan Metal-Bakauheni dan sebaliknya itu. Penumpang pun telah dievakuasi ke Pelabuhan Merak.

Menhub Siapkan Opsi Lima Kapal TBB Hadapi Lonjakan Arus Balik di Bakauheni

Kapal untuk sementara tidak bisa digunakan dan harus lego jangkar. Menunggu investigasi selesai dilakukan.

"Kerusakan (kedua kapal) lumayan besar. Karena semua masih dalam tahap penyidikan," ucapnya.

Lokasi Tabrakan berada di perairan Selat Sunda dengan jarak sekitar 1,5 mil laut dari Pelabuhan Merak, di Kota Cilegon, Banten.

"Jaraknya tidak begitu jauh antara 1 sampai 1,5 mil laut ke jembatan perairan," ujarnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya