Petugas KPPS Jawa Barat Meninggal Bertambah Jadi 43 Orang

simulasi pemilihan umum (Pemilu) 2019 di KPU Provinsi Jabar, Bandung, Jawa Barat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Jumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Jawa Barat yang meninggal dunia terus bertambah. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat mencatat 43 orang dinyatakan meninggal dunia per siang ini, Selasa, 23 April 2019.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Komisi Divisi SDM dan Litbang KPU Jawa Barat, Undang Suryatna, menjelaskan data rinci kronologi kematian para petugas masih didata. Dari laporan sementara, petugas KPPS yang meninggal sampai hari ini disebabkan karena kelelahan dan riwayat penyakit.

“Sekarang sudah 43 orang sampai hari ini, per siang ini. Jadi memang ada yang karena kelelahan, ada yang punya riwayat penyakit sebelumnya, penyakit jantung, penyakit asma,” ujar Undang kepada VIVA.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Menurutnya, KPPS di 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat mendapat tugas berat dibandingkan pemilu sebelumnya. Bahkan, tak sedikit petugas yang meninggal disebabkan stres karena beban tugas dan kategori umur lebih dari 40 tahun.

“Ada riwayat penyakit kemudian ditambah dengan pekerjaan yang memerlukan konsentrasi, perhatian dan tenaga. Mungkin juga stres karena tekanan-tekanan yang kita lihat bahwa tugas KPPS kali ini cukup berat,” katanya.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

“Kemudian juga varian (tugasnya), waktu yang diperlukan secara kontinu, tidak ada penundaan. Ini yang barangkali menyebabkan kelelahan, kemudian yang tadi ada riwayat penyakit,” ujarnya. (ase)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024