Yunarto Wijaya Laporkan 5 Akun yang Palsukan Chat dan Sebar Nomornya

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya membuat laporan di Bareskrim Polri. Lima akun media sosial dilaporkan karena diduga melakukan pencemaran nama baik dan fitnah menyebarkan chat palsu menuduhnya melakukan kecurangan mengatur hasil survei.

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar

Laporan bernomor LP/B/0382/IV/2019/BARESKRIM tertanggal 14 April 2019. Sementara itu, kelima akun yang dilaporkan adalah empat akun Twitter atas nama @silvy_Riau02, @sofia_ardani, @sarah ahmad, @rif_opposite, dan satu akun Facebook atas nama Ahmad Mukti Tomo.

"Jadi ini bukan tentang Charta Politika, bukan tentang saya. Tapi saya memberanikan diri sama seperti mas Burhanuddin Muhtadi (Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi) karena ini lebih dari pada itu," kata Yunarto di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa 23 April 2019.

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu

Dia menjelaskan, chat palsu mengatasnamakan dirinya sudah mulai beredar tiga hari sebelum pelaksanaan Pemilu pada 17 April 2019. Terduga pelaku turut menyebar nomor pribadi miliknya ke berbagai pihak. 

Penyebaran chat palsu itu menurutnya berdampak pada kehidupan pribadi juga kredibilitas lembaganya yang menimbulkan adanya pandangan negatif publik terhadap lembaga surveinya. Terduga pelaku dilaporkan dengan Undang Undang Nomor 19 Tahun Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal 27 Ayat (3) Jo Pasal 45 Ayat (3) serta Undang Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 310 KUHP dan Pasal 311 KUHP.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

"Yang kedua dari momen paling besar pemilu ini, saya pengen berikan efek jera juga buat para peternak politik yang memainkan sosmed sebagai instrumen yang malah menjadi negatif buat demokrasi dan saya pengen ada efek jera di situ," katanya menegaskan. (mus)

Ayu Dewi

Awas Hoaks, Ayu Dewi Tegaskan Gak Pernah Jadi MC Peluncuran Jet Pribadi Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Ayu Dewi menegaskan tidak pernah menjadi MC untuk acara apa pun dari keluarga Sandra Dewi dan Harvey Moeis.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024