Caleg PDIP Aktor Utama Pembakar Kotak Suara di Jambi

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi AKBP Edi Faryadi
Sumber :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution

VIVA – Polisi menyebut nama Khairul Saleh, caleg Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, sebagai aktor utama pembakar tiga belas kotak suara pemilu di tiga TPS di Desa Koto Padang, Kecamatan Tanah Kampung, Kota Sungai Penuh, Jambi, pada 18 April 2019. Dia dibantu adiknya, Robin Janet (31 tahun).

Aksi Perusakan Logistik Pilpres di Rusia, Kotak Suara Dibakar dan Disiram Cat

Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVA, Khairul banyak memberikan materi kepada warga Sungai Penuh. Karena tidak puas dengan perolehan suara di TPS, dia menyuruh orang kampung pada Kamis dini hari untuk berbuat onar sampai membakar kotak suara dan surat suara.

Polda Jambi bekerja sama dengan Polres Kerinci segera menangkap Khairul Saleh, merupakan warga Desa Koto Padang, Kecamatan Tanah Kampung, Kabupaten Kerinci. Polisi juga menangkap Robin Janet, yang tak lain anggota Panitia Pengawas Lapangan pemilu Sungaipenuh

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi AKBP Edi Faryadi menyatakan bahwa kedua tersangka sudah ditahan dan diperiksa intensif di Markas Polda. Polisi membawa kedua tersangka ke Jambi karena di Kabupaten Kerinci dan Sungaipenuh masih rawan usai pemilu.

Dalam aksi pembakaran kotak suara di tiga TPS, polisi fokus menyelidiki otak pelaku atau yang merencanakannya meski tak disebut partainya. "Kita hanya membenarkan ada caleg jadi aktor utama pembakar kotak suara dan surat suara di Sungaipenuh, Jambi," katanya di Kota Jambi, Selasa, 23 April 2019.

95 TPS di Tangsel Gelar Penghitungan Ulang Usai Kotak Suara Dibuka
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024