Jokowi Lantik Eks Komandan Korps Brimob Jadi Gubernur Maluku

Jokowi Lantik Murad Ismail jadi Gubernur Maluku
Sumber :
  • VIVA / Fikri Halim

VIVA – Presiden Joko Widodo resmi melantik Murad Ismail dan Barnabas Orno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku terpilih masa jabatan 2019-2024. Pelantikan dilakukan di Istana Negara yang dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya. 

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Sebelum pelantikan dimulai, mereka terlebih dahulu mengambil surat petikan Keputusan Presiden di Istana Merdeka. Prosesi pelantikan pun secara resmi dimulai pada pukul 14.15 WIB di Istana Negara. 

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku ini tertuang dalam Keputusan Presiden nomor 189/P tahun 2018 tentang pengangkatan dan pengesahan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku masa periode 2019-2024. 

Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas

"Apakah saudara bersedia disumpah sesuai dengan kepercayaan saudara?," kata Jokowi di Istana Negara saat memulai pengambilan sumpah. 

Murad Ismail disumpah dengan cara Islam sedangkan Barnabas Orno disumpah dengan cara Kristen Protestan. 

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, berbakti kepada masyarakat Nusa dan bangsa," ucap Murad mengikuti Presiden. 

Dalam kesempatan tersebut, tampak hadir sejumlah pimpinan partai pengusung Murad Ismail-Barnabas Orno dalam Pilkada 2018. Selain itu, juga tampak hadir Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau PANRB Syafruddin, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. 

Murad Ismail diketahui bukan orang asing bagi Pemerintah Pusat. Dia merupakan Purnawirawan perwira tinggi Polri yang sempat menjabat sebagai Komandan Korps Brimob Polri. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya