Ratna Sarumpaet Girang Fahri Hamzah Mau Jadi Saksinya

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet (tengah).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Terdakwa kasus hoax Ratna Sarumpaet merasa senang Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah bisa hadir sebagai saksi yang meringankan. Menurut Ratna, Fahri sendiri yang menawarkan untuk memberikan kesaksian dalam persidangannya.

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu

"Ya saya senang ya. Tapi sebenarnya justru Pak Fahri yang menawarkan diri. Dan mudah-mudahan bisa (hadir). Karena kemarin ini ada perubahan schedule karena Beliau mau ke Amerika," kata Ratna di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis, 25 April 2019.

Ratna menekankan Fahri hadir sebagai saksi untuk dimintai keterangan lebih lanjut soal perkara yang menjeratnya. Rencananya, Fahri siap hadir untuk memberikan kesaksian pada 7 Mei 2019.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

"Dia saksi fakta ya. Dia hadir di demo yang di Cikini. Jadi dia mau menyampaikan apa arti dari pertemuan ini," ujar Ratna.

Tak hanya Fahri, beberapa saksi juga akan dihadirkan sebagai saksi ahli yang meringankan dalam perkara ini. Salah satunya adalah pakar hukum pidana Muzakir.

Kabulkan Gugatan Haris Azhar Cs, MK Hapus Pasal Sebar Hoax Bikin Onar

"Ya para saksi ahli. Pak Muzakir juga bersedia. Ya ada beberapalah saksi ahli yang akan kami datangkan. Saksi fakta hanya dua. Ada satu staf saya, sekretaris saya yang cewek," tuturnya.

Dalam kasus ini, Ratna didakwa melanggar Pasal 14 ayat (1) UU No. 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana atau dakwaan kedua Pasal 28 ayat (2) jo 45A ayat (2) UU No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Ratna didakwa telah membuat keonaran melalui berita bohong yang dibuatnya. (ase)

Nikita Mirzani

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar

Kabar kandasnya hubungan asmara Nikita Mirzani dengan Rizky Irmansyah masih jadi sorotan publik. Pasalnya, Nikita Mirzani yang beberapa tahun belakangan ini diam.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024