VIVA: Tangkal Hoax Harus Lewat Verifikasi Informasi

Redaktur kanal Internasional VIVA.co.id, Ezra Natalyn.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ridho Permana

VIVA – Saat fenomena hoaks kian menjamur di media sosial, peran media massa sangat dibutuhkan sebagai garda terdepan menyuguhkan kebenaran informasi.

Pakar Sebut Fakta Mengejutkan soal BBM Pertalite

Redaktur kanal Internasional VIVA.co.id, Ezra Natalyn menegaskan, untuk memastikan suatu informasi itu diakui kebenarannya maka perlu verifikasi. 

Saat ini, kata Ezra, lebih dari separuh populasi masyarakat Indonesia terpapar pengaruh internet. Karena itu jangan tertipu dengan foto dan caption yang bagus meskipun itu dari orang yang terpopuler sekalipun.

Ada yang Berubah dari Pertalite di Papan Harga SPBU

"Lebih dari separuh populasi masyarakat Indonesia terpapar pengaruh internet. Karenanya, jangan mudah percaya karena ada foto yang bagus dan qoute di sebelahnya," kata Ezra di acara Millennials Tangkis Hoax Bersama Pertamina, di Politeknik Negeri Jakarta Kampus UI, Kamis, 25 April 2019.

Menurut Ezra, memberantas hoaks itu tidak bisa hanya dari wartawan, aparat kepolisian. Sinergitas diperlukan untuk membasmi hoaks tersebut.

Sean Gelael dan Tim WRT 31 Paling Terdepan, Raih Posisi 1 di Imola

"Tidak bisa memberantas hoax itu jika hanya dari wartawan, polisi, perlu sinergitas dari berbagai pihak. Untuk meluruskan hoaks perlu verifikasi dari media," ujarnya.

Ezra menuturkan, cara mendeteksi hoaks sebenarnya bisa dilakukan. Namun perlu pemikiran dan analisis kritis dari orang yang menerima informasi tersebut.

"Sebenarnya untuk mendeteksi hoaks itu ada caranya, ada foto yang palsu bisa dicari, mindset itu harus kritis. Setidaknya setop di kita kalau tidak bisa menelusurinya makanya setop," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya