Anggaran Pendidikan Rp492 Triliun, FSGI Sebut Kualitas Belum Meningkat

Menghitung anggaran keuangan
Sumber :
  • http://telegraph.co.uk

VIVA – Kualitas pendidikan secara nasional masih belum meningkat meski pemerintah setiap tahun menambah alokasi anggaran untuk sektor tersebut.

Jokowi Revisi APBN 2023, Anggaran Pendidikan Naik Jadi Rp 624,25 Triliun

Anggaran pada 2019 yang mencapai Rp492,5 triliun, dinilai belum mampu membuat dunia pendidikan nasional memiliki kualitas yang diinginkan.

"Alokasi APBN untuk pendidikan sebesar Rp492,5 triliun, merupakan angka yang sangat besar, tapi belum berdampak terhadap outcome pendidikan yang bersifat jangka panjang," ujar Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Satriwan Salim, melalui keterangan yang diterima VIVA, Kamis, 2 Mei 2019.

Kesetaraan Pendidikan Terasa Bila 20 Persen Anggaran Digunakan Maksimal

Satriwan menyampaikan, sejumlah aspek yang masih perlu ditingkatkan dari dunia pendidikan, misalnya angka partisipasi sekolah, tingkat literasi nasional, serta capaian belajar siswa. 

Selain itu, tingkat kompetensi guru, serta akses dan ketersediaan infrastruktur pendidikan masih belum sepenuhnya baik di seluruh Indonesia. "Anggaran sebesar itu belum memberi dampak signifikan terhadap pemenuhan delapan standar nasional pendidikan itu," ujar Satriwan.

Hari Pendidikan Nasional Reza Rahadian Blusukan ke Sekolah Pedalaman

Menurut Satriwan, pemerintah harus menjadikan momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sebagai pengingat, supaya kualitas pendidikan nasional ditingkatkan lagi. Hal itu disebabkan dikeluarkannya anggaran yang tinggi tidak sebanding dengan hasil yang diterima.

"Catatan kritis konstruktif ini disampaikan, dengan harapan ada perbaikan yang substantif untuk terciptanya pendidikan berkualitas," ujar Satriwan.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam M Ali Ramdhani

Kado Awal 2024, Rp4,385 Triliun Dana BOS Madrasah dan BOP RA Cair

Pedoman Teknis Pengelolaan BOS Madrasah dan BOP RA sudah tersedia dalam Pusaka Superapps dan laman https://bos.kemenag.go.id atau https://erkam.kemenag.go.id/.

img_title
VIVA.co.id
14 Januari 2024