Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Gondang di Karanganyar

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Gondang di Kabupaten Karanganyar Jateng
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Presiden Joko Widodo secara langsung meresmikan Bendungan Gondang yang berada di wilayah Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, Kamis 2 Mei 2019. 

Masuk Bursa Cagub Jawa Tengah, Hendi Mengaku Belum Ada Komunikasi dengan PDIP

"Bendungan Gondang di Kabupaten Karanganyar pagi hari ini saya nyatakan diresmikan," ujar Jokowi. 

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bendungan ini dapat menampung jumlah air yang lebih besar dan dapat mengaliri sawah yang ada di daerah ini maupun di daerah Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. 

Embarkasi Solo Akan Berangkatkan 35.977 Jemaah Calon Haji Asal Jateng dan DIY

"Semoga Bendungan Gondang selain mengairi sawah bisa juga menjadi pembangkit listrik dan bagus untuk tempat wisata sehingga bisa memberikan dampak ekonomi yang baik bagi Kabupaten Karanganyar," katanya. 

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah membangun Bendungan Gondang ini. 

Kemendagri Dorong Pemda Terdampak Bencana Pangan Segera Tetapkan Status Tanggap Darurat

"Bapak Jokowi juga yang melakukan ground breaking pada 2014 lalu diiringi rintik hujan pertanda kesuburan. Semoga air kembali berkumpul untuk kesejahteraan warga Karanganyar," kata Juliyatmono. 

Pembangunan Bendungan Gondang menjadi salah satu prioritas dalam proyek strategis nasional berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 56 tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek  Strategis Nasional dengan waktu pelaksanaan 2014 - 2019.

Lokasi Waduk ini berada pada kaki Gunung Lawu yang merupakan  daerah tangkapan air yang memiliki karakteristik bahwa debit sungai tetap tinggi sekalipun dalam kondisi puncak musim kemarau. 

Dalam konsep pengembangan wilayah sesuai Perda Kabupaten Karanganyar nomor 1 tahun 2013 tentang rencana tata ruang wilayah Kabupaten Karanganyar tahun 2013 -2032, keberadaan Waduk Gondang ini merupakan perwujudan sistem prasarana sumber daya air.

Bendungan Gondang memiliki panjang 604 meter, lebar puncak bendungan 10,5 meter, tinggi bendungan 71 meter. Kapasitas daya tampung bruto 9,15 juta m3, kapasitas tampung efektif 7,06 m3, kapasitas tampung mati 2,57 m3, luas daerah genangan maksimum 43,86 hektare. 

Pembangunan bendungan ini memakan anggaran sebesar  Rp762,44 miliar, dan proyek pembangunan ini dibangun oleh PT Waskita Karya. 

Dalam peresmian ini, turut hadir Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen. (ren)

Lihat peresmian Bendungan Gondang pada video di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya