Mapolres Terbakar, Kapolda Lampung Pastikan Penanganan Kasus Berjalan

Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto.
Sumber :
  • Adrian/VIVA.co.id

VIVA – Kebakaran yang terjadi di Markas Polres Lampung Selatan pada siang tadi tidak hanya turut memusnahkan banyak dokumen penting. Tetapi, juga menghanguskan barang bukti beberapa kasus kriminal yang saat ini sedang ditangani.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto saat meninjau Mapolres Lampung Selatan mengatakan, hampir seluruh bangunan Mapolres Lampung Selatan terbakar habis. 

“Tadi sudah dilihat memang banyak dokumen yang tidak bisa diselamatkan. Ada juga barang bukti. Tadi di bagian narkoba juga sudah dilihat, brangkas penyimpan barang bukti terbakar. Tetapi kita belum pastikan isinya,” ujarnya di Lampung, Kamis 2 Mei 2019.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Dia menambahkan, untuk penanganan kasus yang ada di Mapolres Lampung Selatan akan dikoordinasikan dengan penegak hukum lainnya, misalnya Kejaksaan. Penanganan kasus tetap akan dilakukan.

Jenderal Bintang dua ini mengatakan, kebakaran yang terjadi di Mapolres Lampung Selatan diduga disebabkan adanya konsleting listrik pada ruangan bagian perencanaan/Umum. Namun untuk memastikan penyebab terjadinya kebakaraan, pihaknya telah meminta Puslabfor Mabes Polri untuk melakukan pemeriksaan.

Terkuak, Toko Frame Mampang yang Alami Kebakaran Maut Tidak Punya Pintu Darurat

“Kita akan menunggu hasil dari Puslabfor. Nanti hasilnya akan kita sampaikan kepada publik,” ujarnya. 

Purwadi juga mengatakan, saat terjadinya kebakaran api dengan cepat membesar karena kondisi angin yang cukup kencang. Api menyebar melalui atap ke ruangan lainnya. Apalagi kondisi bangunan Mapores Lampung Selatan sendiri merupakan bangunan lama yang dibangun pada tahun 1982.

Evakuasi juga dilakukan kepada warga yang sedang mengurus dokumen SKCK di Mapolres serta kepada peserta sosialisasi dari Bareskrim terkait pemanfaatan anjing pelacak untuk pengamanan.

“Kita besyukur tidak ada korban jiwa. Seluruh anggota dan juga tahanan bisa dievakuasi dengan selamat. Meski bangunan mapolres tidak bisa ditolong,” ungkapnya. 

Purwadi manambahkan, meski kondisi bangunan utama Mapolres Lampung Selatan habis terbakar. Namun untuk pelayanan kepada masyarakat akan segera dipulihkan. Rencana untuk sementara waktu kantor Polres Lampung Selatan akan dipindahkan.

Hal itu juga dilakukan guna mengantisipasi pelayanan mudik Lebaran 2019. Mengingat awal bulan Mei ini sudah akan masuk puasa Ramadan.

“Kita sudah ada 1-2 tempat. Tetapi kita masih akan meminta kepada pemerintah daerah tempat mana yang tepat untuk pelayanan. Karena kita ingin kantor sementara ini tidak jauh untuk dijangkau masyarakat,” paparnya. 

Saat disinggung terkait dengan jumlah kerugian dari peristiwa kebakaran tersebut, dia mengatakan, kerusakan dan kerugian masih diinventarisir dan dihitung oleh bagian logistik. “Kita belum tahu. Masih dihitung oleh bagian kara logistik untuk kerugian.” (mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya