Mobil Pengangkut Ribuan Form C-1 Diduga Palsu Diamankan Polisi

Polisi amankan ribuan form C1 yang diduga palsu.
Sumber :
  • Dok. Bawaslu Jakarta Pusat

VIVA – Polisi mengamankan sebuah mobil Daihatsu Sigra karena diduga membawa ribuan form C1 yang diduga palsu. Mobil diamankan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu 4 Mei 2019 lalu.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono membenarkan hal tesebut. Temuan ini sedang ditangani Badan Pengawas Pemilu.

"(Sudah) Diserahkan (ke) Bawaslu," kata dia saat dikonfirmasi wartawan, Senin 6 Mei 2019.

Cerita Prabowo Subianto Bisa Bersatu Dengan Muzakir Manaf, Tokoh GAM yang Dulu Dia Cari

Sementara itu, pihak Bawaslu menambahkan temuan ini terungkap ketika polisi melakukan operasi lalu lintas di sana. Menurut Ketua Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI Puadi setelah menemukan itu, polisi langsung melapor ke Bawaslu Jakarta Pusat yang kemudian diteruskan ke Bawaslu DKI Jakarta.

"Saat dilakukan pemeriksaan, petugas menemukan dua kotak berisi ribuan form C1 Kabupaten Boyolali," ujar Puadi menambahkan.

Pengamat Sebut Anies Politisasi Korban Tewas Pemilu 2019 untuk Kampanye

Namun demikian, hingga kini masih dilakukan investigasi dan pendalaman soal C1 itu. Maka, sejauh ini, belum bisa dipastikan apakah C1 itu palsu atau tidak.

"Jadi saat ini belum bisa disimpulkan itu C1 asli atau palsu karena pihak Bawaslu Jakarta Pusat masih melakukan proses investigasi," katanya lagi.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024