Elza Syarief Akan Bentuk Tim Investigasi Kematian Anggota KPPS

Pengacara Elza Syarief (kiri).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A

VIVA – Pengacara Elza Syarief mengatakan, pihaknya akan melakukan investigasi dengan bekerja sama beberapa pihak kedokteran dan tim pencari fakta. Untuk mencari fakta terkait kematian para anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS yang meninggal.

Bawaslu Catat 12.284 TPS Pemilu 2024 Tak Punya Alat Bantu Disabilitas Netra

"Pertama, kita ingin melakukan investasi dengan tim pencari fakta, apa sebabnya kita melakukan autopsi, forensik, dan kerja sama dengan beberapa pihak Kepolisian," ucap Elza di Kantornya di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 9 Mei 2019.

Selain itu, Elza mengatakan, pekerjaan anggota KPPS bebannya sangat besar, karena jam kerjanya lebih dari delapan jam. 

Saksi PKB Di-Skakmat Ketua KPU saat Sebut Anggota KPPS Disuap

Tentu saja, hal tersebut sudah melebihi waktu kerja yang sudah ditentukan dalam undang-undang. Ia pun menyayangkan, Komisi Pemilihan Umum mempekerjakan anggota KPPS di luar batas kemampuan mereka. 

"Kan kita bisa lihat, beban pekerjaan KPPS yang besar, yang katanya kelelahan saja itu bisa membuktikan pelanggaran hukum. Beban kita, sehari normalnya delapan jam kerja," katanya.

KPU Setop Tampilan Grafik Real Count Sirekap, Timnas Amin: Pasti Timbulkan Pertanyaan

"Waktu delapan jam sesuai dengan undang-undang yang kalau melebihi ditentukan, ya melanggar. Ingat kemampuan manusia itu ada batasnya," tutur Elza. (asp)

Ketua KPU Hasyim Asy'ari (kiri) menjabat tangan Ketua DKPP Heddy Lugito dan Plh. Dirjen Politik dan PUM Kemendagri Togap Simangunsong sebelum rapat dengan Komisi II DPR dan Bawaslu di kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 31 Oktober 2023.

KPU Lapor DPR Ada 181 Anggota PPK, PPS dan KPPS Meninggal Dunia Selama Pemilu 2024

Sebanyak 181 anggota panitia pemilihan kecamatan, PPK, panitia pemungutan suara atau PPS, dan kelompok penyelenggara pemungutan suara atau KPPS, meninggal di Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024