GT Cikarang Utama Bakal Jadi Titik Pengendali Truk Kelebihan Muatan

Iilustrasi Gerbang Tol Cikarang Utama
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fikri Halim

VIVA – Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama bakal dibongkar mulai 23 Mei 2019 karena dua gerbang tol penggantinya, yakni GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama  mulai dioperasikan pada tanggal tersebut. GT Cikarang Utama bakal dialihfungsikan untuk kegiatan lain. 

Penumpang Pesawat Naik Pada Lebaran 2019, Kereta Api Malah Turun

General Manager Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Raddy R Lukman mengatakan, pihaknya akan menyisakan beberapa gerbang tol agar tidak dibongkar untuk layanan isi ulang uang elektronik. Selain itu, juga akan dibuat titik pengendali angkutan barang atau truk yang overload untuk mengurangi kerusakan di jalan tol. 

"Akan dibuat pengendalian angkutan berat dengan sistem weigh in motion (sistem pengendalian truk dengan muatan berlebih atau overloading)," ujarnya, Senin, 20 Mei 2019.

Pertamina MOR III: Konsumsi Pertamax Ramadan-Idul Fitri Naik 12 Persen

Selama ini, lanjut dia, truk overload hanya dipantau dengan cara manual. Hasilnya, masih ada sebanyak 40 persen truk yang lolos dari pemantauan, meskipun sudah berkurang dari 70 persen. 

"Nanti saat melalui GT Cikarut dibelokkan, ditimbang, di jembatan timbang. Nanti ada capture dan terukur semua. Kalau overload ke pinggir dulu semua truk," kata Raddy. 

Tiket Pesawat Dikritik, Deddy Corbuzier Puji Mudik Lancar

Ia berharap dengan penerapan sistem ini, populasi truk overload dan over dimensi di jalan tol dapat dikurangi karena sudah dideteksi sejak awal. Sehingga kerusakan atau jalan berlubang di jalan tol dapat dikurangi. 

"Kalau overload bisa kita keluarkan menuju GT Cikarang Barat. Empat puluh persen truk masih overload. Mudah-mudahan bisa berkurang," katanya. 
 

Kepala BPS Suhariyanto.

Penumpang Pesawat Naik Pada Lebaran 2019, Kereta Api Malah Turun

jumlah penumpang pesawat pada Juni 2019, naik. Sebaliknya, KA turun.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2019