Hindari Razia, Rakyat Solo Menuju Jakarta Naik Angkutan Umum

Suasana kantor depan KPU, Selasa, 21 Mei 2019.
Sumber :
  • VIVA/ Fajar Ginanjar Mukti.

VIVA – Ratusan masyarakat Solo berangkat ke Jakarta untuk mengikuti aksi 22 Mei 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Massa berangkat dengan naik kereta api dan bus angkutan umum.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Humas Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS), Endro Sudarsono, mengatakan massa yang terdiri dari berbagai elemen Muslim di Solo Raya itu mulai berangkat ke Jakarta sejak tiga hari lalu. Tidak menggunakan bus rombongan, melainkan dengan angkutan umum tujuan Jakarta.

"Ada yang naik kereta dan bus umum. Yang berangkat dengan angkutan umum itu jumlahnya ratusan orang," katanya di Solo, Selasa, 21 Mei 2019.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Endro mengungkapkan dipilihnya angkutan umum karena untuk menghindari razia kendaraan yang dilakukan oleh petugas keamanan. Berdasarkan pengalaman mereka sebelumnya, ketika menggunakan bus rombongan selalu dirazia di sejumlah titik.

"Apalagi di Jawa Timur ada yang dirazia terus dipulangkan. Kita tidak ingin kejadian serupa, jadi dipilihlah angkutan umum," ujarnya.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Meski demikian, dikatakan ia tidak memungkiri jika ada sejumlah rombongan peserta yang berangkat dengan menggunakan kendaraan pribadi. Mereka berangkat dari Solo pada hari Senin kemarin.

"Hingga saat ini belum ada keluhan terkait razia, mobil-mobil pribadi itu berangkat melalui jalan tol," katanya.

Sesampainya di Jakarta, menurut Endro, rombongan yang berasal dari Solo akan berkumpul sambil menunggu arahan dari panitia di Jakarta terkait lokasi aksi yang akan dituju.

"Tinggal nanti panitia yang ada di sana akan menggelar aksi di Bundara HI atau di KPU atau di mana lihat kondisi dan situasi di Jakarta," ucapnya.

Setelah aksi selesai, rencananya para peserta aksi dari Solo akan langsung meninggalkan Jakarta. Sesuai rencana, mereka akan langsung pulang pada Rabu malam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya