Riuh Warga Kampung Deret Sambut Jokowi Umumkan Kemenangan

Joko Widodo di Kampung Deret, Jakarta
Sumber :
  • VIVA / Agus Rahmat

VIVA – Presiden Joko Widodo turun dari kendaraannya Selasa siang tadi, persis di pinggir rel kereta di kawasan Kampung Deret, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta. Sejumlah paspampres yang kali ini mengenakan baju kebesaran TNI, loreng hijau-hitam, turut mengawal. Meski, mereka hanya memastikan langkah Kepala Negara tidak terhambat.

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Ratusan warga yang sudah menanti, tetap bisa bersalaman dan berfoto dengan Jokowi, yang berdasarkan hitung akhir KPU untuk pemilihan presiden, berhasil unggul dari rivalnya pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dengan baju putih lengan panjang, Jokowi berjalan memasuki kawasan Kampung Deret. Puluhan anak-anak dan warga, menyanyikan lagu sebagai sambutan selamat datang. "Jokowi siapa yang punya, Jokowi siapa yang punya, yang punya kita semua," ujar mereka serentak menyanyikan lirik lagu itu.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Di tengah jalan, sudah disiapkan bangku panjang yang terbuat dari kayu. Bisa diduduki 4-5 orang. Jokowi duduk di tengah, sementara samping kiri dan kanan berdempetan dengannya adalah emak-emak.

Mereka asyik bersenda gurau hingga curhat ke Jokowi yang berada persis di samping mereka. Mereka tidak menggunakan pakaian mentereng. Banyak yang hanya berpakaian sehari-hari ketika di rumah, seperti daster. Juga hanya beralaskan sandal jepit.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Beberapa warga lainnya berdiri mengitari orang nomor satu di Indonesia itu. Banyak juga yang menggendong anaknya, sembari berfoto dan menyalami Jokowi. Anak-anak tak kalah riuhnya, menghampir dan mendekati Jokowi yang duduk di bangku.

Seorang perempuan dari belakang, meminta berfoto. Jokowi langsung mengambil handphone perempuan itu dan berwifi dengan warga. Sontak, keriuhan semakin menjadi. Paspampres hanya berdiri, mengamati tanpa menghalau warga yang ingin dekat dengan presidennya.

Jokowi sesekali mengajak diskusi warga, mengenai rumah deret ini. Mendengar penjelasan warga, Jokowi sesekali memperhatikan deretan rumah yang dulu sempat dibangun saat ia menjadi gubernur DKI.

Kehadiran KH Ma'ruf Amin, yang merupakan calon wakil presiden Jokowi, juga mendapat sambutan riuh. Begitu Ketua Umum MUI itu tiba, warga terutama emak-emak langsung menghampiri dan menciup tangan mantan Rais Am PBNU itu. "Pak Ma'ruf, Pak Ma'ruf," ujar mereka berteriak.

Saat menyampaikan pidato kemenangan, para warga Kampung Deret ini yang berjejer di sisi kiri dan kanan serta belakangnya. Mereka tampak antusias mendengarkan pidato itu. Sesekali mereka mengatakan 'amin' di sela-sela pidato Jokowi.

Usai pidato kemenangan itu, warga kemudian meneriakkan yel-yel "Pak Jokowi, Pak Jokowi".

Kepada warga Kampung Deret, Jokowi menjanjikan, akan melanjutkan lagi pembangunan yang sempat ia lakukan saat menjadi gubernur DKI. Meski kini menjabat Presiden RI, Jokowi akan meminta izin kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk bisa membantu pembangunan lanjutan kampung ini. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya