Didampingi JK, Jokowi Peringati Nuzulul Quran di Istana Negara

Peringatan Nuzulul Quran di Istana
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA – Presiden Joko Widodo menggelar peringatan Nuzulul Quran tahun 1440 Hijriyah/2019 Masehi tingkat nasional di Istana Negara, malam ini, Selasa 21 Mei 2019. Jokowi tampak didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah menteri Kabinet Kerja.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Jokowi tiba di Istana Negara sekitar pukul 20.05 berdampingan dengan Jusuf Kalla. Acara tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan, pembacaan ayat suci Alquran. Ada juga tausyiah yang disampaikan mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB).

Dalam tausyiahnya, TGB mengaku bersyukur, peringatan Nuzulul Quran bisa dilaksanakan di Istana Negara dengan tuan rumah Presiden Joko Widodo. Menurutnya hal ini tidak terjadi di negara lain.

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

"Walaupun Indonesia bukan negara agama namun menunjukkan nilai semangat dan tuntunan agama tidak pernah lepas. Bahkan setahu saya tidak ada peringatan Nuzulul Quran di negara lain dilakukan di Istana seperti di Indonesia," kata TGB disambut tepuk tangan hadirin.

Ia menjelaskan, Nuzulul Quran adalah peringatan pertama kalinya wahyu turun kepada Rasulullah SAW. Menurutnya, inilah kemuliaan tersendiri dari bulan suci Ramadan.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

 "Itulah yang diperingati malam ini. Dalam catatan sejarah, 17 Ramadan malam senin 610 M, 1400 tahun yang lalu wahyu turun kepada Rasul. Ayat pertama itu surat Al Alaq, Iqra, bacalah dengan nama Tuhan-Mu yang menciptakan," kata dia.

Jokowi, tampak asyik mendengarkan tausyiah tersebut bersama jajarannya. Di samping Jokowi tampak duduk Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Wakil Presiden, Jusuf Kalla.

Pantauan VIVA, turut hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso, Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil.

Selain itu, hadir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Moermahadi Soerja Djanegara dan pimpinan lembaga negara lainnya hingga duta besar negara sahabat. Acara ini juga mengundang anak yatim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya