Elite Politik Dinilai Paling Bertanggung Jawab Soal Kerusuhan

Demo Rusuh di Slipi
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Elite politik dinilai menjadi pihak yang paling bertanggung jawab atas aksi kerusuhan pada 21 dan 22 Mei 2019. Aksi tersebut diketahui menimbulkan korban jiwa dan ratusan korban luka.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Sesungguhnya yang paling bertanggung jawab selain aktor-aktor di lapangan adalah para elite," ungkap Ketua Umum YLBHI, Asfinawati di kantornya, Jakarta, Minggu 26 Mei 2019.

Menurut dia, aksi tersebut telah membuat demokrasi Indonesia terancam, karena banyak sekali tindakan-tindakan yang abu-abu secara hukum.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

"Ini semua telah membuat demokrasi kita terancam, karena kita tidak bisa lagi membedakan tindakan-tindakan yang sah secara hukum atau tidak sah secara hukum," katanya.

Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) Yati Andriani menambahkan, sebelum peristiwa itu, pernyataan dari elite partai kubu 01 maupun 02 tampak semakin memperkeruh keadaan.

Lembaga Survei yang Hasilnya Akurat dan Kredibel Bakal Jadi Rujukan di Pilpres 2024

"Itu yang membuat yang membuat orang datang ke Jakarta. Dalam konteks ini terjadi kegagalan sensorship, untuk mengontrol tindakan, ucapan dan mengarah pada mengeruhkan suasana," katanya.

Sementara itu, lanjut dia, di media sosial bahkan ada dukungan disertai ujaran kebencian hingga kalimat radikal dan terorisme. "Ini juga penyebab, orang datang ke Jakarta untuk memperkeruh suasana," ujarnya.

PSMTI Diterima Presiden Jokowi di Istana

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Jelang pencoblosan Pemilu 2024, pada 14 Februari pekan depan, masyarakat diimbau agar menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Untuk bisa memilih pemimpin yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2024