H-5 Lebaran Diprediksi jadi Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak

Ilustrasi Dermaga II Pelabuhan Merak, Banten.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

VIVA – Ribuan personel gabungan disiapkan menjaga arus mudik di Banten terutama di Pelabuhan Merak. Peningkatan pengamanan akan terjadi pada H-5 Idul Fitri, karena saat itu puncak arus mudik di Pelabuhan Merak diprediksi terjadi akhir Mei nanti.

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

"Titik puncaknya itu tanggal 30 Mei sampai 1 Juni. Pada saat titik puncak, khususnya di malam hari," kata Kapolda Banten, Irjen Pol. Tomsi Tohir, saat ditemui di Mapolda Banten, Kota Serang, Selasa 28 Mei 2019.

Ratusan ribu orang dan kendaraan diprediksi memadati Pelabuhan Merak pada malam H-5 Idul Fitri guna menyeberang dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera.

Bus dan Truk Padati Pelabuhan Bakauheni, Melonjak dibandingkan Sehari Sebelumnya

Guna mengatur arus lalu lintas dan keamanan saat arus mudik, balik dan di lokasi wisata, petugas gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub hingga Pramuka dikerahkan.

"Ada 3.193 orang di pasukan gabungan. Yang jelas (berbagai) upaya yang dilakukan (menjaga) bagi pengguna (kendaraan) mudik dari Merak menuju Bakauheni," kata dia.

Menhub Siapkan Opsi Lima Kapal TBB Hadapi Lonjakan Arus Balik di Bakauheni

Kemacetan hingga keluar Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, diprediksi mengular hingga jalan Cikuasa Atas dan tidak menutup kemungkinan hingga ke dalam ruas Tol Tangerang Merak (Tamer).

Oleh karenanya, pemudik diimbau menyebrang di siang hari, agar tidak terjadi penumpukan kendaraan pemudik pada malam hari. 

"Kita sangat berharap, pemudik upayakan tidak menyeberang di malam hari, kalau siang hari kondisi angkutan stabil, tidak terjadi antrean penumpukan roda empat sehingga beban puncak terbagi dengan di siang harinya," lanjut Kapolda. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya