Penampakan dari Udara Lalu Lintas Padat di Gerbang Tol Cilegon Barat

Lalu lintas arus mudik Lebaran mulai terlihat di tol Jakarta-Merak pada enam hari menjelang Idul Fitri, Kamis, 30 Mei 2019.
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadath

VIVA – Lalu lintas arus mudik Lebaran mulai terlihat di tol Jakarta-Merak pada enam hari menjelang Idul Fitri, Kamis, 30 Mei 2019. Pemudik yang hendak menuju Sumatera terlihat mulai memadati jalan tol Jakarta-Merak.

Jalur Cikuasa Arah Pelabuhan Macet Panjang, Kendaraan Mengular hingga ke Tol Merak

Tim VIVA berkesempatan memantau jalur mudik melalui udara bersama Dirjen Bina Marga Sugiyartanto, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit, Corporate Secretary Jasamarga Mohammad Agus Setiawan, dan Asosiasi Jalan Tol Kris Ade Sudiyono. Pemantauan pertama di jalur barat, yakni tol dari Jakarta menuju Merak.

Terlihat arus lalu lintas di tol dalam kota dari mulai Pancoran menuju ke Tomang dalam kondisi lancar, kemudian jalan nasional juga belum terlihat kepadatan.

69.930 Kendaraan Tinggalkan Jakarta Via Tol Cikampek saat Puncak Libur Natal 2023

"Dari Pancoran sampai dengan Merak, memang jalan nasional non-tol ke arah barat cukup lancar bagus tidak ada hambatan," kata Sugiyartanto, Kamis, 30 Mei 2019.

Kepadatan mulai terjadi mendekati Gerbang Tol Cilegon Barat. Pada lokasi tersebut, kepadatan terjadi dengan antrean kendaraan sepanjang sekitar delapan kilometer.

Wanita Jalan Kaki Sendirian Saat Hujan di Tol Jakarta-Merak

"Yang tol itu mulai terasa begitu memasuki pintu Tol Cilegon Barat. Dari Cilegon Barat sampai dengan ke lokasi penyeberangan di Merak kelihatan sekali, panjangnya adalah tujuh atau delapan kilometer," ujarnya.

Titik kepadatan itu tengah menjadi perhatian. Untuk kenyamanan pemudik, Sugiyartanto berharap kepadatan dapat segera dikurangi.

"Saya kira itu yang jadi perhatian kita semua bagaimana pelayanan untuk yang dari Merak ke Bakauheni, supaya tidak terjadi penumpukan yang besar di arah penyeberangan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya