Belum Rampung, Jembatan Kabel di Sumbar Sudah Beroperasi untuk Pemudik

Jembatan kabel di Sungai Dareh, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, dioperasikan sementara untuk pemudik Lebaran mulai Sabtu, 1 Juni 2019.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

VIVA – Jembatan kabel yang masih dalam pembangunan di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, dioperasikan sementara untuk mengantisipasi kendaraan pemudik membeludak. Pemerintah memutuskan membuka sementara jembatan di Sungai Dareh itu untuk umum mulai 1 hingga 11 Juni 2019.

423 Rumah Warga di Dharmasraya Sumatera Barat Terendam Banjir

Balai Jalan Nasional Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menyepakati pengoperasian sementara jembatan itu sekaligus untuk menguji kelaikan jembatan sebelum diresmikan dan dioperasikan sepenuhnya.

Menurut Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional I Sumatera Barat, Agung Setiawan, uji beban jembatan itu tetap penting sebelum tes uji beban secara menyeluruh yang dijadwalkan setelah Lebaran.

Banjir Dharmasraya Sumatera Barat, Sekolah Terpaksa Diliburkan

Jembatan kabel di Sungai Dareh, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, dioperasi

“Pra-test ini juga dilakukan untuk melihat kemampuan konstruksi jembatan dengan rencana open traffic jembatan ini selama masa jalur Lebaran, yakni H-5 dan H+5," kata Agung melalui keterangan tertulisnya, Jumat, 31 Mei 2019.

Bupati Dharmasraya Kenang Tjahjo Kumolo: Beliau Sudah Seperti Ayah

Dari tes pendahuluan uji beban itu, didapatkan hasil yang memenuhi syarat secara teknis. Maka dengan mengacu pada hasil tes itu, pada H-5 dan H+5 Lebaran, jembatan ini bisa open trafic dan dilalui, terutama kendaraan-kendaraan kecil atau kendaraan penumpang. Sementara untuk kendaraan bermuatan besar seperti truk belum dizinkan, boleh pun tentu ada batasan tertentu.

Jembatan kabel di Sungai Dareh, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, dioperasi

Bupati Dharmasraya Sutan Riska bersyukur bahwa jembatan jembatan kabel itu segera rampung. Pemerintah Kabupaten lagi mempersiapkan menyambut para pemudik yang pulang kampung.

"Sabtu esok jembatan ini akan dibuka khusus untuk para pemudik yang melewati jalan lintas nasional, tepatnya yang berada di Kabupaten Dharmasraya. Semoga dengan dibukanya jembatan ini akan mampu mengurai kepadatan kendaraan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya