Kakorlantas Minta Masyarakat Segera Mudik, Manfaatkan One Way

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Refdi Andri
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan waktu satu arah atau one way di ruas Tol Cikampek, untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran. Terbukti, dengan pemberlakuan sistem ini, kepadatan tidak terjadi di ruas tol.  

Detik-detik Polisi Setop Ambulans Lawan Arus One Way, Ternyata Bukan Bawa Pasien Sakit

"Diimbau kepada para pemudik, untuk kenyamanan agar memanfaatkan waktu mudik saat one way berlangsung," kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol Refdi Andri kepada wartawan, Jumat 31 Mei 2019.

Dia menambahkan, khusus penerapan one way pada 1 Juni 2019 besok, akan dimulai sejak pagi. Sesuai rencana, akan diberlakukan mulai pukul 06.00 WIB.

One Way Tol Kalikangkung-Cipali Dihentikan, Contraflow KM 72 hingga KM 47 Masih Dilakukan

Dengan sistem ini, diharapkan ruas jalan tol juga akan lancar. Refdi memastikan, sejak pembelakukan one way kemarin, ruas tol dari Km 70 hingga Km 263 terpantau lancar. Beberapa pemudik memberikan respons positif.

"Tadi kita juga sudah bertanya kepada beberapa pengendara, respona mereka sangat berterima kasih dengan kebijakan ini. Dan, sampai saat ini tidak ada persoalan yang berarti," ujarnya.

Antisipasi Puncak Arus Balik, Kapolri: Jalur Arteri Bisa Jadi Opsi Atasi Kemacetan

Meski begitu, ia tetap mengimbau pemudik selalu berhati-hati dalam berkendara. Kecepatan kendaraan saat diberlakukan one way, harus disesuaikan sedemikian rupa demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Mudah-mudahan masyarakat paham dan dapat memanfaatkan kebijakan dan fasilitas yang disediakan, agar mendapat kenyamanan dan pastinya senang saat mudik pada tahun 2019 ini," katanya.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, yang ikut meninjau langsung arus mudik Lebaran tahun 2019 menyampaikan, agar setiap personel yang bertugas di lapangan dapat bersinergi dan berkoordinasi dengan baik.

“Saya perintahkan kepada prajurit TNI yang bertugas di lapangan, agar dapat berkoordinasi dengan baik bersama instansi lainnya dalam mendukung kelancaran arus mudik lebaran,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, arus mudik tahun 2019 terjadi peningkatan jumlah pemudik.

“Memang terjadi peningkatan, itu sesuai pantauan sampai hari ini, namun lalu lintas jalur mudik relatif lancar,” ungkapnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya