Menkes Pastikan Puskesmas dan RS di Jabar Siaga 24 Jam Layani Pemudik

Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Menteri Kesehatan Nila Moeloek memastikan pos-pos kesehatan untuk pemudik di jalur tol siap melayani 24 jam.  Puskesmas-puskesmas terdekat menyiagakan dokter dan perawat secara bergantian.

Dua Mantan Menteri Kesehatan Dikabarkan Positif COVID-19

Hal tersebut dipastikan Menkes di sela-sela peninjauan Pos Terpadu di Tol Cikopo, Kabupaten Purwakarta bersama Kapolri Jendral Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menteri Perhubungan Budi Karya, Jumat 31 Mei 2019. “Di rest area ada pos-pos kesehatan di kilometer 72, 88 dan 97,” ujarnya.

Secara umum, Nila memastikan, 20 puskesmas dan 10 rumah sakit berada dalam kesiapan siaga penuh melayani pemudik untuk pengguna jalur tol maupun non tol di Jawa Barat. “Dan ketersediaan SDM kami siap 24 jam dengan bergantian shift,” ujarnya.

Beredar Usulan Soal Cara Memutus COVID-19, Nila Moeloek: Itu Hoax

Nila mengingatkan, para pemudik untuk tidak menganggap remeh kondisi mengantuk saat membawa kendaraan. pemudik, lanjut Nila, harus memanfaatkan fasilitas istirahat yang tersedia di jalur tol maupun non tol. “Kami minta pengemudi betul-betul memperhatikan kecepatan dan kelelahan, jika lelah berhenti dulu untuk istirahat,” katanya.

Menurut Nila, angka kecelakaan saat arus mudik maupun balik musim lebaran terus menunjukkan penurunan. Bahkan, dengan adanya tol Trans Jawa yang memudahkan pemudik dari arah Jakarta, pihaknya optimis mampu menekan angka kecelakaan roda empat.

Penumpang Pesawat Naik Pada Lebaran 2019, Kereta Api Malah Turun

“Mudah-mudahan, tahun lalu kecelakaan turun 30 persen. Tapi sekarang lebih baik lagi sudah sampai Surabaya dan mudah - mudahan jauh lebih turun lagi,” ujarnya. (ren)
 

Mantan Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek.

Dua Mantan Menkes RI Positif COVID-19, Dirawat di RS

Nila F Moeloek dan suaminya Farid Anfasa Moeloek terpapar COVID-19. Kedua mantan Menkes tersebut dirawat di salah satu RS.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2021