Situasi Rutan Sigli Sudah Kondusif

Direktur Jenderal PAS Kemenkumham Sri Puguh Budi Utami
Sumber :
  • istimewa

VIVA –  Setelah  sempat terjadi rusuh di Rutan Klas IIb  Sigli, Sri Puguh Budi Utami, Direktur Jenderal Pemasyarakatan melakukan panggilan video dengan warga binaan di sana, Senin, 3 Juni 2019.

Kerusuhan Lapas Manado Dipicu Ketakutan Terhadap Corona

"Bapak- bapak tenang untuk menyelesaikan  puasa Ramadan. Saya akan  mendengarkan apa yang menjadi keluhan  dan menindaklanjuti," ucap Utami yang disambut riuh oleh warga binaan.

Pada saat yang sama Utami sedang menghadiri acara Spesial Ramadan di Lapas Narkotika Jakarta bersama Ustadz Yusuf Mansyur dan Kang Rashied.

Rusuh di Lapas Manado, Terdengar Suara Tembakan

"Situasi sudah kondusif,  tidak ada korban jiwa dan tidak terjadi pelarian, gedung utama yang terbakar, api sudah padam," ujar Utami tentang kondisi  terkini Rutan Pidie, melalui rilis yang diterima VIVA pada Senin sore, 3 juni 2019.

"466 Penghuni Rutan Sigli  sudah dapat dikendalikan,  saat ini Kepala  Rutan  bersama Dandim Pidie masih terus melakukan  pendekatan dan komunikasi dengan warga binaan," ujarnya menambahkan.

Pasca Kerusuhan, Ratusan Napi Dikembalikan ke Rutan Kabanjahe

Peristiwa diperkirakan  bermula pada pukul 12.00 WIB. Terjadi kesalahpahaman antara warga binaan dan seorang petugas, yang akhirnya menimbulkan percekcokan yang berujung pada pembakaran dan kerusuhan.

"Kebakaran dan kerusuhan dapat dipadamkan bekerjasama dengan Polres dan Pemadam Kebakaran  Pidie," jelas Utami lagi.  Kepastian penyebab kerusuhan masih dilakukan penyelidikan dan pendalaman  oleh Tim Divisi PAS Banda Aceh bersama Polres Pidie.

Utami kembali mengingatkan kepada seluruh Lapas dan Rutan  agar menjaga lingkungan tetap kondusif 

"Dalam pelaksanaan tugas harus  berdasar aturan dan sesuai SOP yang diterapkan dengan  baik dan benar.  Penegakan hukum sekaligus pelindungan HAM, teriring doa semoga kita senantiasa dalam  lindunganNya," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya