Logo timesindonesia

Pemprov DKI Jakarta Pastikan Operasional RSUD 24 Jam

Illustrasi Operasional Layanan Kesehatan Puskesmas Dan RSUD DKI Jakarta (FOTO: Dok. Pemprov DKI Jakarta For TIMES Indonesia)
Illustrasi Operasional Layanan Kesehatan Puskesmas Dan RSUD DKI Jakarta (FOTO: Dok. Pemprov DKI Jakarta For TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Di masa libur Lebaran 2019, Pemprov DKI Jakarta pastikan operasional Instalasi Gawat Darurat (IGD) 24 jam khususnya pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DKI Jakarta.

Bahkan, Pemprov DKI Jakarta menjamin sepenuhnya ketersediaan tim medis yang berjaga untuk menangani pasien gawat darurat saat musim libur Hari Raya Lebaran 2019. 

"Untuk yang di RSUD karena rawat jalan itu sangat berkurang kita tinggal 40 persen, rawat jalan di RSUD sekitar 40 persen tapi untuk itu IGD RSUD full 100 persen," ucap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Widyastuti di Kalideres, Jakarta Barat, Senin (3/5/2019).

Menurut Widya, ketetapan tersebut merupakan arahan langsung dari Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan yang mengatakan bahwa pelayanan Pemprov DKI Jakarta tak akan menghentikan pelayanan masyarakat semasa libur panjang ini.

Maka darinya, atas ketetapan itu Widyastuti mengerahkan beberapa petugas medis yang memang disediakan untuk menjaga di titik-titik pelayanan kesehatan.

"Untuk tenaga medis Puskesmas Kecamatan kita siagakan seperdelapan dari jumlah total. Karena, puskesmas kan dua aspek upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat," jelas Widyastuti. 

Seperti diketahui, Presiden RI Jokowi menetapkan cuti bersama Hari Raya Lebaran 2019 mulai dari 3, 4, dan 7 Juni 2019 melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 13 Tahun 2019 tentang Cuti Bersama Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019. Namun, dalam menjamin pelayanan kesehatan warganya, Pemprov DKI Jakarta pastikan tetap beroperasinya layanan kesehatan berupa Puskesmas serta RSUD. (*)